More

    Semangat Hip hop Indonesia Dalam Film Dokumenter

    Ahmad Fauzan

    Sutradara film BlackBox, Ferri Yuniardo dan Herman Kumala Panca, bersama John Parapat sebagai founder dari Hiphopindo.net berdiskusi mengenai film documenter Blackbox kepada pengunjung di @america, Jakarta, Sabtu, 03/03.

    JAKARTA, KabarKampus – Hiphopindo.net dan Cineprime Pictures merilis sebuah film dokumenter mengenai sejarah hiphop Indonesia berjudul BlackBox di @america, Pasific Place, Jakarta, Sabtu, 03/03. Film besutan Ferri Yuniardo dan Herman Kumala Panca tersebut menceritakan kisah hidup, musik, kultur hiphop dari tahun 90-an hingga sekarang di berbagai kota di Indonesia.

    Sejumlah raper dikisahkan dalam film berdurasi sekitar 90 menit tersebut, mulai dari Iwa Kusuma, Pesta Rap, Sweet Martabak, Black Kumuh, P-Squad, Saykoji, Yacko, Ucok Homicide, Impartarial Bandung, dan sebagainya. Diantaranya adalah cerita pembuatan album pertama Iwa K dan cuplikan cerita Saykoji ketika pertama kali manggung.

    - Advertisement -

    Ferri Yuniardo, sutradara film ini mengatakan, bahwa elemen hip hop bertambah satu lagi yaitu film. Menurutnya hip hop di Indonesia itu besar, tapi tidak banyak orang yang tahu. Hip hopIndonesia harus dikomunikasi lewat film.

    “Dengan film orang seluruh dunia mengenal hip hop Indonesia,” kata Ferri yang juga rapper grup Sweet Martabak.

    Menurut Ferri, dengan film ini ia ingin menggerakkan dan menginspirasi semua elemen hip hop di Indonesia untuk mendokumentasikan hip hop agar  kapital melihat bahwa hip hop di Indonesia itu besar, sehingga mereka mau mensuport hip hop Indonesia.

    Pionir hip hop, Iwa Kusuma yang  hadir dalam peluncuran film tersebut mengungkapkan, bahwa film ini merupakan translate semangat hip hop yang membuatnya kembali bersemangat.

    Acara itu juga dihadiri oleh sejumlah pentolan rap seperti, Ras Muhamad, Erik dan Doyz Black Kumuh, Shania, Impartarial Bandung, serta grup rap lainnya.

    Pemutaran film BlackBox juga diramaikan dengan diskusi bersama kedua sutradara Ferri Yuniardo dan Herman Kumala Panca, bersama John Parapat (founder hiphopindo.net). Tak ketinggalan aksi panggung para rapper antara lain, Problemz, 8Ball, Arvisco Zero One, Zamzam rap Cianjur, dan AntzKilla+Run BDG menggoyang @amerika.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here