More

    FKG Unpad Bakti Sosial di Pesantren Darussalam Garut

    Ahmad Fauzan

    Tim FKG Unpad sedang memeriksa kesehatan gigi salah satu santri Pondok Pesantren Darussalam, Sindang Sari Kersamanah, Garut Garut, (06/03). FOTO : MALIKKUL SHALEH

    Garut, KabarKampus – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad mengadakan acara bakti sosial di Pondok Pesantren Darussalam, Sindang Sari Kersamanah, Garut, Selasa (6/03). Mereka melakukan penyuluhan, pemeriksaan, tindakan dan pengobatan kesehatan gigi dan mulut gratis.

    Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan 40 dokter gigi muda, 36 mahasiswa preklinik, dan dokter spesialis, dosen, serta pegawai. Dan diikuti sekitar 750 orang peserta yang terdiri dari santriwan, santriwati, dan para guru pesantren.

    - Advertisement -

    “Kegiatan bakti sosial ini merupakan program Pengabdian Pada Masyarakat FKG Unpad. Kebetulan pihak dari pesantren yang meminta kehadiran FKG untuk melaksanakan penyuluhan. Ini sebagai bentuk komitmen kami (FKG) kepada masyarakat. Diminta atau tidak diminta,” ujar Pembantu Dekan II FKG Unpad, drg. H. Eddy Prijono, M.S., MH.Kes., seperti dilansir dari humas Unpad, Rabu, (07/03).

    Bakti sosial dimulai dengan penyuluhan tentang kesehatan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan, tindakan dan pengobatan kesehatan gigi dan mulut. Antara santriwan dan santriwati dibuat terpisah.

    Saifudin, Penangung Jawab Kesehatan Majelis Guru Pesantren mengatakan, bahwa para santri merasa puas karena keinginan untuk berobat selama ini bisa terealisasi dalam kegiatan ini.

    “Mudah-mudahan kerja sama ini bisa berlanjut dikemudian hari sehingga tali silaturahmi antara Pesantren Darussalam dapat terus terjalin,” katanya.

    Selain sebagai sebuah Corporate Social Responsibility (CSR) FKG kepada masyarakat, kegiatan ini juga bertujuan melatih kemampuan dan keterampilan mahasiswa FKG untuk menghadapi situasi-situasi yang khusus.

    Hasil pemeriksaan tim menunjukkan bahwa masih banyak terdapat masalah pada kesehatan gigi para peserta.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here