More

    Bandung Berisik Gandeng Pisan

    Frino Bariarcianur

    Komunitas musik underground selalu menantikan acara spektakuler ini, Bandung Berisik. Di sinilah lagenda underground Bandung menyihir ribuan pecinta musik.

    Acara Bandung Berisik digagas oleh komunitas underground Ujungberung Rebels asal kota Bandung. Sejarah musik kota Bandung mencatat, pada tahun 1995, awal panggung underground ini menumpang di panggung perayaan Kemerdekaan RI, 17 Agustus.

    - Advertisement -

    Dua tahun kemudian, Ujung Berung Rebels merambah ke pusat kota. Lapangan GOR Saparua menjadi saksi bisu begitu berisiknya musik ini. GOR Saparua sendiri telah menjadi “rumah ibadah” bagi konser-konser musik underground di kota Bandung.

    Tahun berganti tahun, dari komunitas ke komunitas, musik underground mulai mendapat tempat di hati anak muda. Dan seiring zaman, semangat underground ini pun telah menjadi salah satu industri yang menjanjikan.

    Tahun ini, Bandung Berisik 2012 kembali digelar di Lapangan Udara Sulaiman, Kopo Bandung, 18-19 mei 2012. Ada sekira 60 band yang akan tampil. Rata-rata band telah berumur lebih dari 10 tahun.

    Band yang akan tampil diantaranya Burger Kill, Beside, THE S.I.G.I.T, Koil, Siksa Kubur, Jasad, Rosemary, Turtles JR, Dajjal, Mesin Tempur, Alone at Least, Raja Singa, Jihad, Don Lego, Power Punk, Kelelawar Malam, dan masih banyak lagi.

    Pertemuan dalam acara festival metal seperti reuni. Melihat kembali perjalanan musik underground selama ini. Tentu setiap band punya kisahnya sendiri-sendiri. Begitu juga elemen terpenting dalam medan sosial musik underground, yakni para pecinta musik. Merekalah yang telah bertahun-tahun memberikan apresiasi kepada ratusan bahkan ribuan band underground. Mereka jugalah yang telah menjadi korban untuk musik yang paling bisa menyalurkan kebebasan berekspresi.

    Mereka membeli tiket, mereka membeli merchandise, juga mengikuti gaya idola mereka.

    Panggung Lanud Sulaiman, Kopo, Bandung sudah berdiri. Para bintang sudah siap-siap. Ribuan orang pun sudah tak sabar lagi. Tak seperti tahun-tahun yang lalu, Bandung Berisik kali ini akan lebih memekakkan telinga! Bener brai, lamun teu ayak masalah, iyeu mah pasti gandeng pisan!

    Jika tak percaya datanglah sendiri! []

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here