More

    British Council Luncurkan Tes IELTS

    Ahmad Fauzan Sazli

    British Council Indonesia luncurkan tes IELTS di Indonesia, Rabu (30/05).

     

    Jakarta, KabarKampus – Semakin berkembangnya IELTS di seluruh dunia, British Council Indonesia meluncurkan pelayanan uji kompetensi International English Languange Testing System (IELTS) di Indonesia. Britis Council Indonesia berkerjasama dengan Lembaga Pendidikan UniSadhuGuna menunjuk UniSadhuGuna Testing Center (UTC) dan The British Institute (TBI) sebagai pelaksana uji kemampuan Bahasa Inggris tersebut.

    - Advertisement -

    Sesi perdana tes akan dilaksanakan di Jakarta pada 16 Juni 2012 mendatang. Tes ini akan diselenggarakan di TBI Kuningan, TBI Fatmawati, TBI Serpong, dan EdlLink Kelapa Gading.

    “IELTS bukan hanya sekedar tes uji kemampuan Bahasa Inggris seperti pada umumnya, namun IELTS bisa menjadi passport sebagai modal untuk sekolah, mencari beasiswa, karir, travelling, dan pengembangan diri,” ujar Danny Whitehead, Kepala Departemen Pengembangan Bahasa Inggris British Council Indonesia, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, (30/05).

    Menurut Danny, tes kemampuan Bahasa Inggris pada umumnya menggunakan metode pilihan ganda. Sedang IELTS mencakup menulis, membaca, listening, dan berbicara, termasuk berbicara langsung dengan native speaker.

    Pada tahun 2011 IELTS berkembang di seluruh dunia. IELTS diikuti 1.7 juta orang setiap tahunnya. Tes ini diterima lebih dari 7000 lembaga pendidikan, penyedia lapangan pekerjaan, asosiasi profesional dan pemerintah di 135 negara di seluruh dunia. Materi IELTS dikembangakan oleh tim ahli prefesinoanl melalui riset ekstensif untuk menjamin tes tersebut adil dan tidak berbias.

    Windianaprana Ramelan, Direktur Pendidikan tinggi dan tes di UniSadhuGuna menambahkan, bahwa kebutuhan IELTS di Indonesia merupakan alat ukur kemampuan bahasa dan sebagai persyaratan masuk banyak universitas Mancanegara.

    “Selama bertahun-tahun UniSadhuGuna SG menjadi tempat bertanya bagi banyak siswa yang berencana untuk belajar di luar dan publik mengenai tes IELTS. Kami sangat senang akhirnya dapat mengumumkan IELTS untuk publik di USG Testing Center (UTC),” katanya.

    Tes IELTS ini akan dimulai di Jakarta tanggal 16 Juni 2012. Adapun materi yang akan diuji adalah berbicara, membaca, menulis, dan mendengar. Tes IELTS di luar Jakarta akan dilaksanakan di TBI Dago untuk Bandung, TBI Medan untuk wilayah Sumatera Utara, dan di EdLink dan TBI Surabaya untuk pelaksanaan di Surabaya. Untuk melihat  jadwal selanjutnya kunjungi www.Unisadhuguna.org atau www.tbi.co.id.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here