More

    Kapal Mahasiswa ITS Berlaga di Irlandia

    Frino Bariarcianur

    Kapal Anak Negeri Rojo Segoro, ITS Maritime Challenge. FOTO : AntaraJatim

    SURABAYA, KabarKampus—Siapa bilang hanya nenek moyang Indonesia yang jago melaut. Buktinya, kelompok mahasiswa ITS ini akan adu ilmu perkapalan dan laut di Irlandia.

    Mereka tergabung dalam UKM Maritime Challenge ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Surabaya. Kelompok mahasiswa ini merancang kapal sendiri dan diuji coba bersama peserta dari berbagai belahan dunia dalam ajang “Atlantic Challenge 2012” di Bantry-Irlandia, 21-29 Juli 2012.

    - Advertisement -

    Kapal yang siap tanding itu bernama “Kapal Anak Negeri Rojo Segoro”. Keikutsertaan UKM Maritime Challenge ITS diajang internasional ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan.

    Apalagi selama ini, ITS sudah enam kali mewakili Indonesia dengan menyabet sebagaian dari sejumlah tropi dalam ajang serupa di Amerika dan Prancis.

    Dalam siaran persnya, HUMAS ITS menyatakan tahun ini dan tahun sebelumnya ada 20 anggota tim dengan lima orang diantaranya merupakan perempuan.

    “Kapal Anak Negeri Rojo Segoro akan mengarungi Samudra Pasifik dari Indonesia menuju Irlandia. Melewati rute Tanjung Pelepas pada 28 Mei nanti , lalu sampai di Rotterdam – Belanda pada 25 Juni, dan sampai di Pelabuhan Cork – Irlandia pada 3 Juli,”kata Doni Irawan, Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan, Ketua Divisi Operasional Tim Atlantic Challenge Indonesia, seperti dilansir HUMAS ITS.

    Perjalanan “Anak Negeri Rojo Segoro” memang cukup lama.Tapi tim UKM Maritime Challenge tak pernah patah semangat.

    Mereka telah menyiapkan sejumlah peralatan dan perlengkapan bertanding. Tidak lupa membawa cinderamata Indonesia untuk dibagikan kepada peserta lain. Selain bertanding, tim UKM Maritime Challenge ITS ingin membawa misi kebudayaan Indonesia.

    “Doakan semoga kami bisa menjadi yang terbaik,” pungkas Prihadi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here