More

    Kebun Untan Panen Perdana Kelapa Sawit

    Frino Bariarcianur

    Rektor Universitas Tanjungpura Prof.DR. Thamrin Usma melakukan panen perdana kelapa sawit di Kebun Pendidikan Untan di Desa Sekek, Kab. Pontianak. FOTO : HUMAS UNTAN

    PONTIANAK, KabarKampus—Kebun pendidikan Universitas Tanjungpura (Untan) panen perdana kelapa sawit. Lahan perkebunan ini merupakan laboratorium lapangan mahasiswa Untan.

    “Sesuai dengan namanya bahwa kebun pendidikan ini dapat diibaratkan sebagai laboratorium lapangan bagi para mahasiswa UNTAN untuk mempraktekkan ataupun mengembangkan keilmuan yang telah mereka peroleh selama perkuliahan,” ujar Rektor Untan, Prof. DR. Thamrin Usman saat melakukan panen perdana bersama jajaran rektorat, Senin lalu (07/05).

    - Advertisement -

    Rektor Untan berharap keberadaan kebun pendidikan tidak hanya diperuntukkan kepada mahasiswa pertanian saja. Kebun ini terbuka kepada seluruh mahasiswa UNTAN yang memiliki minat untuk melakukan eksplorasi perkebunan, baik dari segi peningkatan kualitas tanaman maupun pengelolaan hasil panen.

    Thamrin juga menyatakan optimalisasi kebun pendidikan UNTAN juga merupakan salah satu upaya dalam rangka persiapan UNTAN menuju Badan Layanan Umum (BLU).

    “Pendapatan yang diperoleh dari hasil kebun ini tentunya dapat dikelola sendiri oleh UNTAN yang nantinya akan dipergunakan untuk keperluan pengelolaan kebun sendiri, kebutuhan-kebutuhan kampus, sumber beasiswa, peningkatan fasilitas-fasilitas kampus serta hal-hal lainnya untuk keperluan civitas akademika UNTAN,” seperti dikutip dari HUMAS UNTAN.

    Kebun Pendidikan Universitas Tanjungpura (UNTAN) berlokasi di Desa Sekek Kecamatan Toho Kabupaten Pontianak. Kebun Untan yang memiliki luas 55 hektar merupakan hibah dari pemerintah Kabupaten Pontianak dimasa kepemimpinan Drs. Henri Usman (alm).

    Sejak tahun 2008 Untan menanam mangga, jagung, karet dan padi. Selanjutnya menanam sekitar 2250 pohon kelapa sawit. Untuk mengelola kebun, Untan melibatkan warga sekitar dalam proses penanaman, perawatan hingga bagi hasil panen.

    “Kebun pendidikan ini merupakan salah satu bentuk investasi UNTAN dalam mengembangkan komoditas perkebunan,” ujar Ketua Pengelola Kebun Pendidikan UNTAN, Ir. Efendi Manurung, yang juga ikut panen perdana kelapa sawit.

    Menurut Efendi, kebun pendidikan Untan akan meningkatkan produktivitasnya baik dari segi kualitas hasil dan kuantitas serta keanekaragaman jenis tanaman. Untan juga berencana akan melakukan kerjasama dalam penawaran penjualan hasil panen kepada perusahaan CPO yang ada di Kalimantan Barat.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here