More

    Rektor UII : Indonesia Butuh Psikolog

    Ayuni Tyas

    Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Prof. Edy Suandi Hamid saat memberikan sambutan di depan wisudawan di Auditorium Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya, Yogyakarta (26/05). FOTO : HUMAS UII

    YOGYAKARTA, KabarKampus—Sejumlah riset menunjukkan bahwa peningkatan kesejahteraan memiliki hubungan dengan masalah-masalah sosial kejiwaan dan perilaku. Di Indonesia, orang-orang stress semakin banyak.

    Pernyataan ini disampaikan oleh Rektor UII, Prof. dr. Edy Suandi Hamid, saat wisuda dan pengambilan sumpah magister profesi psikologi periode X di Auditorium Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya (FPSB) UII, Yogyakarta, Sabtu lalu (26/5).

    - Advertisement -

    Menurutnya pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan itu juga beriringan dengan meningkatnya masalah-masalah alkoholisme, penyalahgunaan obat dan bunuh diri. Untuk itu Indonesia saat ini membutuhkan ahli-ahli kejiwaan.

    “Secara umum bangsa Indonesia telah mencapai banyak kemajuan dalam bidang pembangunan manusia, namun pada aspek-aspek kesehatan mental secara komparatif bangsa Indonesia masih tertinggal dari bangsa-bangsa lain. Permasalahan itu jika dipandang dari sudut pandang keilmuan membutuhkan jasa psikolog,” seperti dilansir situs uii.ac.id.

    Rektor UII berharap lulusan Psikologi UII dapat berperan aktif menangani masalah kesehatan mental rakyat Indonesia.

    “Kami yakin kehadiran psikolog lulusan FPSB UII ini dapat memberikan pencerahan serta kontribusi nyata bagi pembangunan bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” kata Edi di depan 559 wisudawan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here