More

    Dosen UNY Belajar Fashion ke Cina

    Ahmad Fauzan Sazli

    www.uny.ac.id

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengikuti pelatihan desain kostum di Provinsi Jiangsu, China. Pelatihan bertajuk APEC  Skills Development Promotion Project ini diikuti oleh peserta perwakilan dari negra-negara anggota APEC.

    Dosen tersebut adalah Noor Fitrihana. Ia mengajar untuk Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknil UNY. Pelatihan yang digelar oleh Wuxi Public Training Base dari tanggal  14 – 25 Mei 2012 ini bertujuan untuk memperkuat dialog dan kerja sama di bidang pengembangan keterampilan negara peserta APEC. Dalam hal ini pengembangan sistem trainning untuk meningkatkan skills tenaga kerja bidang fashion.

    - Advertisement -

    “Materi pelatihan sendiri meliputi sistem pelatihan tenaga kerja di Cina, teknik bordir, desain kostum, dan teknik cipta pakaian untuk kenyamanan serta workshop praktik kerja produksi busana”, kata Noor seperti yang dilansir dari humas UNY, Selasa, (05/06).

    Noor mengungkapkan bahwa event ini menekankan pada diskusi tentang sistem pendidikan fashion di tiap negara peserta. Pelatihan ini berpedoman pada sistem atau materi pelatihan dengan standar yang tinggi untuk mengembangkan keterampilan.

    Selain kegiatan pelatihan, Noor melakukan kunjungan ke  sentra industri dan pusat pelatihan di Cina, seperti Heilan Group.

    Nur menceritakan, bahwa sentra-sentra industry di China telah menerapkan sistem yang berjalan dengan sangat baik antara institusi pendidikan vokasi dengan dunia industri. Peran  pemerintah Cina juga luar biasa dalam memajukan pendidikan vokasi. “Dalam penyusunan rencana atau kebijakan, pihak pemerintah, industri, dan institusi pendidikan senantiasa bahu membahu dalam bekerja untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

    Industri fashion di Cina perlu dikembangkan pada sistem pendidikan maupun pelatihan vokasi di Indonesia. Ia berhaap kerja sama dengan dunia industri harus lebih intens untuk dilakukan. Dan berharap pemerintah memberi dukungan pada peningkatan keterampilan tenaga kerja Indonesia. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here