More

    Lomba Menulis Bahasa Jawa di Wikipedia

    Ahmad Fauzan Sazli

    jv.wikipedia.org

    SEMARANG, KabarKampus – Wikipedia Indonesia menyelenggarakan kompetisi menulis di Wikipedia Bahasa Jawa Papat Limpad 2012. Lomba yang diselenggarakan pada Agustus 2012 – Maret 2013 ini melibatkan enam kampus di pulau Jawa.

    Kompetisi tahun ini resmi telah di buka di IKIP PGRI Semarang belum lama ini. Beberapa perguruan tinggi yang mengikuti kompetisi ini adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes), IKIP PGRI Semarang, Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

    - Advertisement -

    Hadiahnya tidak tanggung-tanggung, uang senilai 500 Euro dan kesempatan mengikuti konferensi Wikipedia di luar negeri.

    Sigit Adhi Wibowo salah satu panitia mengatakan, kompetisi dilakukan untuk meningkatkan jumlah artikel berbahasa Jawa di laman itu. “Supaya orang lain yang mencari referensi di internet tentang bahasa dan budaya Jawa akan semakin banyak menemukan artikel terkait,” kata Sigit dilansir dari laman Unnes, Minggu, (10/06).

    Menurut Sigit, mereka saat ini sedang melakukan pelatihan dari kampus ke kampus.

    “Pada 2012 ini terdapat 37 ribu artikel berbahasa Jawa yang dibaca oleh 12 ribu pengguna terdaftar. Sayangnya, jumlah artikel dalam Bahasa Jawa tersebut masih menempati urutan ke-66 dari total 285 edisi bahasa Wikipedia di dunia di bawah bahasa lokal Ceko dan bahasa lokal di India,” kata pendiri Wikipedia Bahasa Jawa Revo Arka Giri Soekatno.

    Menurut Revo, pada kompetesi yang diselenggarakan di Unnes pada tahun 2011 telah menambah kontributor dari dua orang menajdi 44 orang. Semakin banyak kontributor di Wikipedia semakin banyak yang membacanya. Misi pelestarian pada bahasa yang memiliki penutur terbanyak urutan ke sebelas di dunia ini didukung Wikipedia US, Prancis, dan Indonesia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here