More

    Mahasiswa Unnes Bawa Katak ke Kanada

    Ahmad Fauzan Sazli

    SEMARANG, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendapat kesempatan belajar ke University of Calgary Canada. Kesempatan itu ia dapatkan karena berhasil memenangi seleksi ajang penelitian.

    Mahasiswa itu adalah Misbahul Munir, mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Misbahul melakukan penelitian mengenai katak di sekitar gunung Ungaran.

    - Advertisement -

    Beberapa tahun terakhir ini Misbahul meneliti tentang katak endemik, yakni sejenis katak pohon mutiara yang hanya ada di pulau Jawa.

    “Saya mengirimkan proposal semenjak 2011, namun baru mendapat respon bulan April kemarin. Saya memiliki banyak referensi di Unnes karena kampus ini berbasis konservasi,” katanya seperti yang dilansir dari humas Unnes, Senin, (04/06).

    Misbahul mengungkapkan, bahwa sejauh ini belum ada penelitian tentang katak jenis ini. Penelitian meliputi distribusi, habitat, dan perilaku katak pohon itu.

    Di Kanada Misbahul akan belajar selama 2 Minggu untuk mengikuti proposal, penelitian, dan implemetasinya. Selain itu ia juga akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan dan berbagai keahlian lain.

    Keberangkatan Misbahul dilepas Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Masrukhi MPd melepas, di rektorat kampus Sekaran, Senin (04/06).

    “Keberangkatan ini menambah daftar panjang prestasi mahasiswa Unnes di kancah internasional,” ujar Prof Masrukhi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here