More

    Peserta SNMPTN Anggap Soal Matematika Paling Sulit

    Ahmad Fauzan Sazli

    Suasana usai ujian SNMPTN di Kampus UI Depok, Selasa, (12/06). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    DEPOK, KabarKampus – Ribuan calon mahasiswa telah melewati hari pertama ujian SNMPTN 2012. Diantara 3 jenis soal yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika, serta Tes Potensi Akademik yang diujikan, matematika dianggap soal tersulit.

    “Soal matematikanya lebih sulit dari soal UAN. Saya ngga yakin dengan matematika,” kata Arya Samodra usai mengikuti ujian SMPTN di UI Depok, Selasa, (12/06).

    - Advertisement -

    Arya yang mengambil jurusan Desain Seni Rupa ITB dan Psikologi UNJ ini mengungkapkan, bahwa  dari 15 soal yang dikerjakan, ia hanya bisa menjawab 11 soal. Itupun hanya yakin benar 25 persen.

    Di tempat yang sama, Tika alumnus SMA 97 Jakarta mengaku mengalami kesulitan mengerjakaan soal matematika. Menurutnya waktu yang diberikan sempit sekali. “Hanya matematika yang banyak tidak terjawab, sedangkan soal lain dapat terjawab dengan mudah,” kata Tika yang mengambil jurusan Sastra Cina UI.

    Begitupun Adinda Vianti alumnus SMA 2 Tanggerang. Ia mengaku tak menyukai matematika. Dari 15 soal yang dikerjakan ia hanya mampu menjawab 11 soal. Ia juga tidak yakin jawaban itu benar atau salah.

    “Aku belajar matematika, tapi dari yang aku pelajari tidak semuanya keluar,” kata calon mahasiswa yang mengambil jurusan Komunikasi dan Sastra Cina UI ini. Namun Dinda dapat menyelesaikan soal lain seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Tes Potensi Akademik. Dari soal yang telah dijawab, ia yakin dapat diterima di UI.

    Tes SMPTN yang berlangsung dari pukul 7.30 hingga pukul 11.00 ini berjalan dengan lancar.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here