More

    ITS Juara Mobil Irit se-Asia

    Ahmad Fauzan Sazli

    FOTO : Dokumentasi ITS

    SURABAYA, KabarKampus – Tim Sapu Angin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) meraih juara pertama kejuaraan mobil irit Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2012 di Sepang, Malaysia, yang berlangsung 4-7 Juli 2012. Mobil Sapu Angin 7 menjadi juara pertama mobil irit untuk kategori UrbanConcept Biodisel dengan capaian 167 kilometer per liter.

    ”Hasil akhir perolehan ITS adalah 167 km per liter dan ITB 149 km per liter,” ungkap Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS, Bambang Pramujati, Sabtu, (07/07).

    - Advertisement -

    Menurut Bambang,  ITS tak hanya memperoleh gelar juara, ITS juga mampu melampaui rekor terakhirnya pada tahun 2011. Saat itu, ITS hanya mampu menembus angka 150 km per liter dalam efisiensi bahan bakar.

    Gelar juara ini adalah ketiga kalinya bagi ITS dalam ajang tahunan yang digelar di sirkuit Sepang, Malaysia, tersebut. Selain itu Gelar juara ini menjadi penebus belum berhasilnya dua tim lainnya, Sapu Angin 6 dan SEM ITS Team.

    Dalam kejuaraan ini ITS mengirimkan tiga tim yaitu, tim Sapu angin 6, Tim sapu Angin 7, dan SEM ITS Team 2012 dengan mobil terbaru Atasena 1. Tim ITS berkompetisi dengan 136 tim dari 18 negara antara lain, Qatar, Uni Emirat Arab, Hongkong, dan Korea Selatan. Jumlah kendaraan hemat energi yang dilombakan terdiri dari 91 di kelas prototipe dan 45 di kelas urban concept.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here