More

    Schlumberger Donasikan Software Senilai 34 Miliar ke UI

    Ahmad Fauzan Sazli

    Perpustakaan UI. FOTO : FRINO BARIARCIANUR

    DEPOK, KabarKampus – Schlumberger mendonasikan E&P (Exploration and Production) software Schlumberger state-of-the-art Petrel kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) senilai 3,7 juta USD. Donasi ini digunakan untuk keperluan pengembangan ilmu pengetahuan dalam eksplorasi migas.

    “ E&P (Exploration and Production) software merupakan software utama bagi semua industri migas dan minyak. Software ini untuk mencari  minyak dan gas di bawah permukaan bumi,” kata Fakultas MIPA UI, Dr. Abdul Haris dalam acara penandatanganan Nota kesepahaman di Perpustakaan Pusat UI, Depok, Rabu, (04/07).

    - Advertisement -

    Menurut Haris, Software ini didonasikan ke UI karena UI memiliki Departemen Geosciences di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. “Ini bagus sekali, dengan ini kami dapat mempersiapkan mahasiswa menguasai secara konsep sampai aplikasinya,” kata Haris.

    Sementara itu, Phil Ward, Geomarket Manager Indonesia (ING) mengatakan, mereka percaya bahwa pembangunan berkelanjutan dapat dicapai dengan kemitraan antara pendidikan teoritis, pelatihan profesional dan industri. “Kami berharap kerjasama dengan universitas dan mahasiswa di UI membantu mereka mendapatkan pengalaman dan mengembangkan kemampuan mereka untuk kepentingan industri di Arab Saudi.”

    Selain itu, sumbangan ini diikuti oleh serangkaian sumbangan teknologi yang dibuat oleh Schlumberger geologi, geofisika, petrofisika, pengeboran, dan rekayasa reservoir di FMIPA UI. Perjanjian ini terjalin sebagai bentuk komitmen UI memfasilitasi mahasiswa UI khususnya mahasiswa Geofisika melalui tindakan-pengalaman dan dukunganpengembangan keterampilan minyak masa depan dan profesional gas di Indonesia.[]

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here