More

    UI Buka Pendaftaran Bakal Calon Rektor UI

    Ahmad Fauzan Sazli

    Universitas Indonesia. FOTO AHMAD FAUZAN SAZLI

    DEPOK, KabarKampus Universitas Indonesia membuka pendaftaran bakal calon rektor UI periode 2012 – 2017. Pendaftaran akan dibuka secara online dari tanggal 08 – 31 Agustus 2012.

    Bakal calon diwajibkan mengambil formulir dan dokumen di www.pemilihanrektor.ui.ac.id. Kemudian menyerahkannya kembali ke email [email protected] pada waktu yang telah ditentukan.

    - Advertisement -

    Panitian pemilihan menetapkan persyaratan bakal calon rektor sebagai berikut, warga negara Indonesia, membuat pernyataan tertulis bersedia menjadi bakal calon, menyerahkan surat keterangan sehat oleh dokter, belum berusia 60 tahun pada saat terpilih, berpendidikan Doktor dari perguruan tinggi terakreditasi, pernah menduduki dua macam jabatan pimpinan di suatu organisasi formal non partai politik yang mempunya reputasi baik dengan masa tugas tidak kurang dari 5 tahun, mempunyai NPWP, menyerahkan daftar riwayat hidup termasuk data tentang pekerjaan, pengalaman pendidikan dan keluarga.

    Kemudian menyerahkan makalah yang menguraikan tentang motivasi calon untuk menjadi rektor dan pemikirannnya mengenai renstra serta program kerjanya berdasarkan visi misi, kebijakan umum dan pokok-pokok pengembangan jangka panjang universitas dan gambaran diri. Selanjutnya memberikan pernyataan bahwa yang bersangkutan tidak dalam status sebagai terangaka oleh KPK ataupun terdakwa oleh pihak kepolisian, menadatangani surat kesangupan berisi komitmen untuk bekerja penuh waktu, bersedia dievaluasi secara berkala oleh MWA, bersedia untuk mundur atau menerima untuk diberhentikan oleh MWA jika dinilai tidak sanggup memenuhi tanggung jawabnya, bagi bakal calon yang  masih menjabat struktiural Universitas dan anggota SAU/MWA, serta wajib menandatangani surat pernyataan untuk tidak turut serta dalam proses pembahaasan mengenai pemilihan rektor di SAU maupun MWA.

    Adapun jadwal yang diberikan adalah untuk masa pendataran dari tanggal, 08 -31 Gaustus 2012, klarifikasi, verifikasi dan seleksi administrasi dari tanggal 27 aguastus – 07 September, tanggapan masyarakat 27 agustus – 12 Sepertember, Cyber Campaign 27 Agustus – 21 Sepetember, Seleksi di SAU 24 – 27 September, Seleksi MWA tanggal 08 Oktober.

    Menurut Endriantono Sutarto, ketua Pansus Pemilihan Rektor UI, pihaknya memberikan waktu yang cukup panjang dengan harapan banyak dari masyarakat yang mempunyai kemampuan membangun UI dapat berpartisipasi.  “Kami memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berpartisipasi, bahkan masyarakat luar. Kami juga berharap masyarakat memberikan interaksi terhadap pemilihan bakal calon rektor UI ini,” kata Endrianto.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here