More

    Mahasiswa Peringati Semanggi II

    Ahmad Fauzan Sazli

    Sejumlah mahasiswa menaburkan bunga di atas foto Yap Yun Hap, baju militer, dan senjata mainan di depan kampus Unika Atmajaya, Jakarta, Senin, (24/09). FOTO : FRINO BARIARCIANUR BARUS

    JAKARTA, KabarKampus – Sebanyak 20 mahasiswa dari sejumlah kampus di Jakarta memperingati peristiwa Semanggi II di depan kampus Unika Atmajaya, Jakarta, Senin, (24/09). Dalam aksinya mahasiswa melakukan tabur bunga, membaca puisi dan orasi secara bergantian.

    “Banyak orang yang lupa dan tidak tahu kasus Semanggi II. Terjadi peristiwa berdarah di sini, Yup Yun Hap tewas dalam aksi demontrasi memperjuangkan hak-hak rakyat,” kata Hendrik Wijaya Mahasiswa Hukum Unika Atmajaya, Jakarta, Senin, (24/09).

    - Advertisement -

    Menurut Hendrik, peringataan persitiwa semanggi dua ini ingin mengingatkan mahasiswa dan masyarakat mengenai peristiwa Semanggi II yang terjadi di Kampus Atmajaya. Bahwa hingga saat ini pelaku kekerasan dan penembakan Yup Yun Hap hingga saat masih belum tuntas.

    Di tempat yang sama, Nikolas Sirait mahasiswa Universitas Indonesia menambahkan, peringatan peristiwa semanggi tersebut ingin memperdalam rasa solidaritas atas tewasnya Yup Yun Hap dalam tragedi itu. “Peringatan ini bukan hanya sebatas memperingati tewasnya Yup, namun semangat untuk membela rakyat sampai harus mengorbankan nyawa,” tambah Niko.

    Peringatan Semanggi II ini diikuti mahasiswa dari kampus Unika Atmajaya, STF Driyakarya, Universitas Indonesia, dan UPI YAI, serta ibu Yup Yun Hap. Aksi yang berlangsung satu jam ini kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film dan diskusi mengenai peristiwa Semanggi II di kampus Atmjaya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here