More

    Robot Peniru Manusia

    Ahmad Fauzan Sazli

    Seorang pengunjung pameran Gelar UI 2012 mencoba kemampuan Humanoid Robot karya Wisnu, Mahasiswa teknik Elektro UI di Balairung UI Depok, Kamis, (13/09). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    DEPOK, KabarKampus – Gerakkan tanganmu ke atas, ke bawah, ke kanan, dan ke kiri. Maka robot ini akan mengikutinya. Diberi nama Humanoid Robot oleh pembuatnya, robot ini memiliki kemampuan dapat mengikuti gerakan manusia dengan cepat.

    Humanoid Robot dapat menggerakkan bahu, siku, dan tangan dengan validasi gerakan yang ditangkap mencapai 20 hz atau sama dengan gerakan mata manusia.

    - Advertisement -

    Robot ini menangkap gerakan manusia melalui sensor infrared Microsoft Kinect. Sensor ini mampu mendeteksi 15 titik sendi manusia yang biasa digunakan untuk kerja sehari hari. Kemudian diproses ke dalam komputer dan diteruskan ke dalam robot.

    Humanoid Robot dikembangkan oleh Wisnu Indrajit, mahasiswa Teknik Elektro, Universitas Indonesia. Robot ini dibuat sebagai tugas akhirnya sebagai mahasiswa S1. Pembuatan robot ini terinspirasi dari keikutsertaan Wisnu dalam Kontes Robot Seni Indoensia di Universitas Gajah Mada beberapa tahun lalu. Ketika itu Wisnu merasa kesulitan membuat gerakan tari. Kemudian selama setahun Wisnu mengembangkan robot ini agar gerakannya menyerupai gerakan manusia.

    Kecepatan robot mengikuti gerakan manusia patut diancungi jempol. Begitupun kemampuan gerakankannya yang tidak terlihat kaku.

    Menurut Wisnu, robot ini masih dalam tahap pengembangan. Derajat keseimbangannya robotnya masih sedikit. Ia  masih akan mengembangkan algoritma keseimbangan untuk kaki-kaki.

    “Suatu hari nanti, saya berharap robot ini dapat digunakan sebagai penjinak bom dan memiliki kemampuan menari tarian tradisional Indonesia,” kata Wisnu di Balairung UI depok, Kamis, (13/09).

    Menurut Wisnu, ia berencana menyimpan database seluruh tarian tradisional Indonesia ke dalam robotnya. Melalui inovasinya ini Wisnu juga berharap dapat menyelamatkan tari-tarian tradisional Indonesia.

    Robot yang dipamerkan dalam acara Gelar Ilmu UI 2012 ini banyak mendapat apresiasi dari pengunjung pameran. Tak sedikit dari pengunjung menguji kemampuan robot ini.[]

     

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here