More

    Dua Mahasiswa Unpad Lolos Seleksi Wilayah OSN Pertamina

    Ahmad Fauzan Sazli

    Ratusan mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Jakarta mengikuti tes seleksi tingkat wilayah Olimpiade Sains Nasional di Universitas Indonesia, Depok, (25/09). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

     

    BANDUNG, KabarKampus – Dua mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjajaran (Unpad) berhasil lolos seleksi tahap wilayah dan regional Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012. Mahasiswa itu adalah Afifah Fitriandini (Kimia 2010) dan Cocok Ana MB. (Biologi 2009).

    Hasna Afifah Fitriandini menjadi salah satu mahasiswi yang masuk kedalam posisi 9 Besar Provinsi Jawa Barat untuk Bidang Kimia bersama mahasiswa dari asal Perguruan Tinggi Bandung lainnya. Selanjutnya, Hasna akan diuji dengan soal Open Ended untuk memilih peserta terbaik tingkat Provinsi.

    Jika lolos tahap ini, Hasna akan maju dalam seleksi tingkat Nasional yang akan di selenggarakan di Kampus Universitas Indonesia, Depok pada bulan November 2012 mendatang.

    Sedangkan Cocok Ana MB.,berhasil lolos untuk seleksi untuk bidang Biologi dengan judul proposal “Coal Biogasification: Rekayasa Batubara Menggunakan Mikroba Indigenous untuk menghasilkan Gas Metana Sebagai Energi Alternatif.”

    Selanjutnya, Ana akan diseleksi melaluiteleconference untuk mempresentasikan proyek risetnya.

    Sebelumnya mereka telah mengikuti seleksi secara serentak bersama 19.000 mahasiswa di hampir seluruh wilayah Indonesia pada 25 September 2012 kemarin. Untuk Wilayah Jawa Barat seleksi dilakukan di kampus UPI, ITB, dan Unpad.

    Bersama peserta yang lolos lainnya dai seluruh Indonesia, Hasna dan Cocok akan berkompetisi memperebutkan total hadiah sebesar 2,8 Milyar rupiah.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here