More

    IPB Raih Juara 1st Bachelor Journey di UI

    Ahmad Fauzan Sazli

    Tim finalis 1st Bachelor Journey di Universitas Indonesia, Kamis, (04/10). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    DEPOK, KabarKampus – Institut Pertanian Bogor (IPB) meraih juara pertama pada ajang 1st Bachelor Journey untuk kategori “Peran BPD dalam Pembangunan Daerah” di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok, Kamis, (04/10). Tim Agri Economica dari IPB meraih skor 82,09, disusul oleh tim Gama dari Universitas Gadjah Mada dengan skor 81,74, dan tim Hulanthalangi dari UNiversitas Negeri Gorontalo dengan skor 79,84.

    Dalam studi kasus “Mengoptimalkkan Fungsi Bank Pembangunan Daerah (BPD) sebagai Agent Regional of Depelopment,” tim IPB menyoal tingkat kesehatan dan daya saing bank daerah yang masih di bawah bank umum.

    Menurut Bintan Badriatul Ummah, bank daerah tidak popular dibandingkan bank umum, bank daerah masih dianggap sebagai bank-nya PNS. “Kami merekomendasikan agar bank BPD lebih meningkatkan pelayanannya, dinamis dan menyesuaikan jaman. Selain itu Bank Indonesia seharusnya mengawasi BPD dan memberikan pelatihan,” kata Bintan.

    Bintan mengungkapkan, bahwa bank daerah juga harus menyesuaikan sisi lokalnya, seperti di Sumatera Barat. Akad simpan pinjam dilaksanakan di masjid bersama tetangga dan saudara. “Dengan transaksi seperti ini tanggung jawab peminjam untuk mengembalikan uangnya tinggi, jelas Bintan menjelaskan presentasi dan isi makalah mereka.

    Selain kategori “Peran BPD dalam Pembangunan Daerah.” Pada kategori “Pengendalian tingkat inflasi,” Universitas Bakrie meraih posisi pertama dengan skor 82,99), disusul oleh tim Hulu Bala dari UI dengan skor 80,67, dan dari tim invicible dari Swiss – Jerman University dengan skor 80,32.

    Sedangkan untuk kategori “Menuju bank sentral yang bersih dan kredibel” juara pertama diraih oleh tim lensa dari Universitas Indonesia dengan skor 81,33, kemudian tim kotak-kotak dari UK Perta Surabaya dengan skor 81,33, dan tim TTYL  dari Universitas Surabaya dengan skor 79,71.

    Ajang 1st Bachelor Journey merupakan yang pertamakalinya diselenggaran Fakultas Ekonomi Indonesia bekerjasama dengan Bank Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 120 tim dari 50 kampus di berbagai  daerah di Indonesia. []

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here