More

    ITB Raih Juara The Best Local Team ACM-ICPC di Binus

    Ahmad Fauzan Sazli

    Tim Saklar Lhompa Institut Teknologi Bandung (Kanan). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Intititut Teknologi Bandung (ITB) meraih juara pertama untuk kategori the best local team pada ajang ACM International Collegiate Programming Contest (ICPC) Jakarta di kampus Binus, Jakarta, (17/10). Tim Dongskar Pandogi dari ITB menyisihkan tim Saklar Lhompa dan tim Vidina 2.0 dari Universitas Indonesia yang meraih juara kedua dan ketiga untuk kategori yang sama.

    Sedangkan untuk tingkat Asia regional, tim ITB meraih posisi kedua. Juara pertama diraih oleh  tim Iron Wood Branch dari National Taiwan University, dan juara ketiga diraih oleh tim Eternia dari National University of Singapore.

    Kompetisi ini diikuti sebanyak 63 tim dari 23 Universitas di Indonesia, China, Hongkong, Thailand, Taiwan, Singapura, dan Filipina.  Dalam kompetisi ini para peserta diwajibkan menyelesaikan 10 soal yang diberikan dalam waktu lima jam non-stop. Lomba tersebut dikenal juga dengan sebutan the battle of brain.

    Santi, ketua pelaksana kegiatan mengatakan, hal yang diujikan dalam lomba ini adalah kecepatan daya nalar (logika)  untuk memecahkan masalah (problem solving) terhadap soal-soal yang menantang serta mengaplikasikannya ke dalam bahasa pemrograman computer.

    “Ketelitian dan kecepatan menjadi faktor penting dalam lomba ini, dimana masing-masing tim berlomba untuk menjadi yang paling cepat memberikan solusi yang tepat,” kata Santi.

    Peserta yang lolos dalam regional kontes ini akan maju dalam ACM-IPC World Final yang akan diadakan pada tahun 2013 mendatang di St. Peterburg, Rusia.

    ICPC adalah kontes pemograman komputer terbesar di dunia yang ditujuakn bagi para mahasiswa dari tahun 1996. ICPC diselenggarakan di bawah dukungan Association for Computing Machinery (ACM) dan IBM. Tahun ini Binus mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan ICPC Jakarta.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here