More

    Mahasiswa Australia Kampanye Anti Korupsi di Yogyakarta

    Ahmad Fauzan Sazli

    Mahasiswa Australia di UGM, FOTO : Dok. Humas UGM

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Tiga mahasiswa Autralia mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) UGM. Mereka akan kampanye anti korupsi di kecamatan kota gede, Yogyakarta.

    Daniel Scow, salah satu mahasiswa Australia menuturkan alasan ketertarikannya untuk ikut KKN PPM UGM karena bisa terjun langsung ke masyarakat untuk kampanye pendidikan anti korupsi.

    - Advertisement -

    “Saya sempat membaca tentang KKN. Saya pikir penting sekali untuk pemberdayaan, makanya saya mau ikut. Saya ingin mencari dan berbagi pengalaman,” kata Daniel ditemui disela pelepasan mahasiswa KKN PPM di Balairung, Rabu (31/10).

    Ia bersama tiga rekannya bergabung dengan mahasiswa Fakultas Hukum UGM akan tinggal selama dua bulan di Kotagede. “Kami akan memantau para pengadil dan memetakan persoalan korupsi dan mengajak pemakai pengadilan untuk membayar lebih fair,” katanya.

    Menurut pandangannya, pendidikan anti korupsi perlu terus dilakukan di segenap lapisan masyarakat. Pasalnya, persoalan korupsi berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat. “Jadi harus dicari solusi masalah itu. Kita coba membantu mencari solusi korupsi itu sendiri,” ujarnya.

    Kampanye anti korupsi merupakan salah satu tema dari sembilan tema program KKN PPM UGM. Kegiatan KKN PPM ini diikuti  sebanyak 184 mahasiswa. Selain mahasiswa UGM dan Australia, kegiatan ini diikuti 23 mahasiswa asal Malaysia dan 2 mahasiswa asal Jerman. Mereka ditempatkan di beberapa lokasi, kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kabupaten Tanah Laut dan Kota Baru, Kalimantan Selatan.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here