More

    Aktivis Buruh Perempuan Peringati Hari Pahlawan di Makam SKI Trimurti

    Ahmad Fauzan Sazli

    Tamn Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta. FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Merayakan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November , enam aktivis perempuan yang terabung dalam Sovi (Solidaritas Untuk Luviana) menggelar ziarah ke Makam SK Trimurti, di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Sabtu, (10/11/12). Di sana mereka membacakan doa dan tabur bunga untuk SK Trimurti.

    “Ziarah ini sebagai bentuk apresiasi tertinggi terhadap SK Trimurti bagi para buruh perempuan di Indoensia,” kata Luviana usai ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

    Menurutnya, SK Trimurti merupakan seorang aktivis buruh, aktivis perempuan dan jurnalis, serta Menteri Perburuhan tiga jaman. SK Trimurti memiliki semangat hidup untuk  memperjuangkan para buruh perempuan. Ia adalah sosok menginpirasi sepanjang jaman.

    Luviana mengungkapkan, bagi kalangan buruh, SK Trimurti banyak memperjuangkan isu-isu buruh perempuan, seperti kesehatan reproduksi perempuan, persamaan upah dan tunjangan antara laki-laki dan perempuan, serta jam kerja perempuan. Isu yang dikedepankan SK Trimurti adalah perlawanan terhadap poligami, pernikahan dini, dan kesehatan reproduksi.

    “Pada usia 25 tahun, SK  Trimurti dipejarakan, karena ia menyebarkan pamplet anti imperialis dan anti kapitalis. Berkat perannya itu Trimurti selalu dikenang sebagai buruh, jurnalis dan tokoh perempuan yang berperan penting dalam meletakkan landasan-landasan perjuangan di Indonesia,” jelas Luviana.

    Ziarah aktivis perempuan ini hanya berlangsung selama tiga puluh menit. Usai ziarah mereka menyebarkan Komik Selembar berisi ceita perjuangan SK Trimurti semasa hidupnya kepada warga di sekitar Taman Makam Pahlawan Kalibata. Para aktivis perempuan itu berharap pemerintah menjadikan SK Trimurti sebagai pahlawan nasional Indonesia dan warga masyarakat mengenal SK Trimurti sebagai pahlawan bagi para buruh.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here