More

    Berburu Sekolah di Pameran Perguruan Tinggi Eropa 2012

    Ahmad Fauzan Sazli

    Prof. Dr. Musliar Kasim, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengunjungi peserta pameran Pendidikan Tinggi Eropa di Thamrin Nine Plaza Jakarta, Sabtu, (03/10). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Lebih dari 3000 mahasiswa Indonesia yang pergi ke Eropa setiap tahunnya untuk menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di berbagai Universitas di Eropa. Saat ini terdapat 6000 mahasiswa Indonesia sedang belajar di Eropa.

    Menanggapi besarnya minat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Eropa, Delegasi Uni Eropa mengadakan Pameran Pendidikan Tinggi (EHEF) di Jakarta untuk keempat kalinya. Penyelenggaraan EHEF 2012 diikuti oleh lebih dari 90 institusi pendidikan  dari 14 negara Eropa. Kali ini penyelenggaraan EHEF  digelar di Ballroom Thamrin Nine Plaza,  Jakarta dari tanggal 03 – 04 November 2012.

    Julian Wilson, Duta Besar UE mengatakan, pendidikan di Eropa terkenal dengan standar akademis berkualitas tinggi, beragam gelar internasional,  fasilitas  riset yang canggih , keragaman budaya, lembaga-lembaga sosial, serta biaya sekolah yang terjangkau.

    “Apapun pilihan pendidikan Anda, baik sains, teknik, seni, bisnis, atau ekonomi. Anda bisa memilih dari program-program  dari universitas-universitas di Eropa dimana pendidikan dan pelatihan selalu berkaitan langsung dengan bisnis, industri dan kesempatan magang,” kata Wilson, Sabtu, (03/11/12).

    Menurut Wilson, institusi yang berpartisipasi di EHEF 2012 akan memberikan informasi dan juga kesempatan mendapatkan beasiswa kepada mahasiswa dan kalangan  profesional yang berminat untuk melanjutkan pendidikan  tinggi di Eropa.

    Wilson mengungkapkan, bahwa UE dan Negara-negara anggotanya berkomitmen untuk menyediakan akses bagi warga Negara Indonesia yang ingin mendapatkan kesempatan pendidikan terbaik yang bisa ditawarkan Eropa.

    EHEF 2012 diselenggarakan oleh Uni Eropa bekerjasama degan Kementerian pendidikan dak kebudayan RI serta didukung oleh Britis Council (Inggris), Campus France IFI (Prancis), DAAD (Jerman) dan Nuffic Neso (Belanda Netherlands). Selain Jakarta, EHEF 2012 juga diadakan di Hotel Aryaduta Medan pada hari selasa, 6 November 2012 dari pukul 13.00 – 19.00 WIB. Lebih dari 40 institusi dari 11 negara Eropa akan meramaikan EHEF di Medan.

    Pameran ini resmi dibuka oleh Prof Musliar Kasim, wakil Menteri Pendidikan didampingi Julian Wilson, Duta Besar delegasi UE untuk Indonesia, Brunai Darussalam dan Asean, serta Nicos Panayi, Duta Besar Siprus untuk Indonesia dan keepresidenan UE saat ini.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here