More

    Robot Eros Menari Gangnam Style

    Ahmad Fauzan Sazli

    FOTO : Dok Humas PENS

     

    SURABAYA, KabarKampus – Tak mau ketinggalan dengan demam Gangnam Style. Robot Eros (EEPIS Robo Soccer) yang diprogram mahasiswa Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) juga dapat menari ala K-Pop dari Korea Selatan tersebut.

    - Advertisement -

    Gaya Gangnam yang merupakan sebuah single K-Pop 2012 yang dinyanyikan oleh rapper Korea Selatan Park Jae Sang atau yang lebih dikenal dengan PSY. karena ritme humornya yang catchy serta gerakan tari PSY yang tidak biasa yang telah memperkenalkan K-pop pada banyak orang di seluruh dunia

    Adalah tiga orang mahasiswa PENS, Azhar Aulia Saputra, Al-Farouq dan Amirul Huda yang memprogram robot EROS untuk menari Gangnam Style. Rencananya  robot Eros berkemampuan Gangnam Style inilah yang akan dibawa mereka pada Education Engineering Festivals di Seoul pada 20 -27 November 2012 mendatang di Korea Selatan.

    Menurut Azhar Aulia, setidaknya dibutuhkan waktu satu minggu untuk mempelajari gerakan Gangnam dan dua hingga tiga minggu untuk melakukan sinkronisasi gerakan.

    “Gangnam Style identik dengan “horse dance.” Gerakan ini dilakukan antraktif oleh PSY,”  kata Azhar, Rabu, (13/11/2012)

    Azhar menerangkan, bahwa gerakan Gangnam Style sangat sulit ditirukan oleh robot. Hal itu muncul ketika robot menari dan bergerak ala Gangnam Style dengan baik.

    Hal serupa disampaikan, Akhmad Subhan, pembimbing pengembangan robot ini. Menurutnya, meski sekilas robot telah menari dengan baik, namun gerakan robot ini belum dapat dikatakan sempurna. “Jika dipaksakan gerakan dibuat seperti aslinya, robot bisa bermasalah. Kami masih memperbaiki dan mengembangkan beberapa gerakannya melalui riset sebelum minggu depan kami harus berangkat ke Korea,” katanya.

    Partisipasi PENS dalam Education Engineering Festival di Korea ini merupakan kali pertama. Kepopuleran Gangnam style di negara gingseng tersebut, memberi ide bagi tim Eros untuk mengangkatnya menjadi tema pameran di samping tema Robot Edukasi.

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here