More

    Seratus Ketua Osis dari Berbagai Daerah Ikuti ISLC di UI

    Ahmad Fauzan Sazli

    Pipin Sofian, konsultan ILDP dari dari Direktorat Kemahasiswaan UI, menyematkan tanda peserta kepada dua perwakilan  ketua OSIS peserta ISLC 2012 di Balai Sidang, UI, Depok, Kamis, (01/11). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

     

    JAKARTA, KabarKampus – Sebanyak 100 ketua OSIS dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di berbagai wilayah Indonesia mengikuti Indonesian Student Leadership Camp (ISLC) di kampus Universitas Indonesia UI, Depok, Kamis, (01/11/12). Dalam kegiatan itu mereka akan mendapatkan pembinaan kepemimpinan dan pengembangan soft skill  selama empat hari dari tanggal 01 – 04 November 2012.

    Adapun rangkaian kegiatan yang digelar antara lain, dialog inspiratif dengan tokoh nasional, Soft competencies yang meliputi hal-hal yang terkait dengan leadership paradigm and mindset bersama Dr. Arief Munandar, workshop social entrepreneur project, intitutional visit, workshop inspiratif manajemen organisasi, Outbond, serta pembahasan program kerja dan konsolidasi internal untuk memantapkan kinerja Forum OSIS Nusantara.

    “Kami khawatir dengan tawuran anak remaja dan hura-hura di masa SMA. Karenanya, kami ingin ketua osis dari berbagai penjuru Indonesia dapat menjadi inspirasi bagi anak sma yang lain, supaya tidak menghaburkan waktunya, belajar yang rajin, dan berkontribusi bagi masyarakat,” kata Choirunnisak Fauzianti, Ketua Indonesia Leadership Development Program (ILDP) UI kepada KambarKampus.

    Menurutnya, kegiatan ini menanamkan jiwa nasionalisme dan sprit untuk berkontribusi membangun masyarakat.

    Sementara itu di tempat yang sama, Pipin Sofian, Konsultan ILDP, dari Direktorat  Kemahasiswaan UI mengatakan, bahwa ketua OSIS dari berbagai daerah itu adalah potensi calon pemimpin di daerah masa depan. Untuk membangun daerahnya mereka harus punya kemampuan. Diantaranya kemampuan kepemimpinan, pengetahuan, dan networking. “Pada kegitan ini kami ingin mempertemukan mereka dengan orang-orang yang sudah sukses,  baik sukses dalam memimpin organisasi, baik formal maupun informal,”

    “Suatu saat mereka akan kuliah di Jakarta atau di kota-kota besar lain, mereka akan kembali dan membangun daerahnya masing-masing. Karena di daerah perlu kader-kader unggulan”kata Pipin.

    ISLC program 2012 merupakan kegiatan dari Direktorat Kemahasiswa UI. Pada tahun kedua penyelenggaraan ISLC mengusung tema “Bangunlah Putra Putri Ibu Pertiwi”. Output yang akan dihasilkan ISLC 2012 adalah melahirkan pemimpin muda yang memiliki kualitas, cerdas, berwawasan global dan mampu memberikan konstribusi nyata dalam sebuah gerakan bersama dan sinergis.

    - Advertisement -

    3 COMMENTS

    1. Remaja mempunyai peran yang sangat besar guna terciptanya sebuah negara yang maju. Hal penting lainnya remaja harus mulai ditanamkan jiwa wirausaha, semua itu untuk bekal di masa dewasanya! Business building dapat mulai ditularkan sejak dini.

    2. Remaja mempunyai peran yang sangat besar guna terciptanya sebuah negara yang maju. Hal penting lainnya remaja harus mulai ditanamkan jiwa wirausaha. Business building dapat mulai ditularkan sejak dini.

    3. Semoga kegiatan yang positif ini dapat menekan angka tawuran dikalangan pelajar SMA/SMK yang belakangan sedang marak. Meski dari satu sekolah cuma satu orang (ketua OSISnya aja), tapi sang ketua OSIS mudah-mudahan bisa “menularkan” ilmu dan pengalamannya kepada teman-temannya yang lain khususnya di satu sekolahnya dan umumnya di satu daerahnya.

      Bravo buat AJI PRATAMA PUTRA, ketua OSIS SMA NEGERI 25 KABUPATEN TANGERANG; murid saya yang ikut kegiatan ISLC di UI, Depok, 1-4 Nopember 2012.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here