More

    UI Resmikan IT Training Center dan Korea-Indonesia Cultural Corner

    Ahmad Fauzan Sazli

    12 12 2012 peresmian ITTC

    Dari kiri, Pjs. Rektor UI, Mendikbud RI, Dubes Korea Selatan, dan Resident Representative KOICA Indonesia saat peresmian ITCC menggunting pita peresmian ITTC dan KICC di Perpustakaan Lama UI, Depok, (12/12/2012). FOTO : Humas UI

    - Advertisement -

    DEPOK, KabarKampus – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhammad Nuh, Pjs. Rektor UI Prof.Djoko Santoso beserta Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia  Kim Young-Sun meresmikan Information Technology Training Center (ITTC) dan Korea-Indonesia Cultural Center (KICC) Universitas Indonesia (UI) di Perpustakaan lama dan Perpustakaan “The Crystal Knowledge” kampus UI Depok, Rabu, (12/12/2012). Peresmian ITTC dan KICC UI yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Korea Selatan melalui KOICA (Korean International Cooperation Agency) ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

    Dalam Sambutanya, Prof.Djoko Santoso mengatakan, bahwa revitalisasi ITTC dapat mendukung upaya UI menuju world class university melalui pengembangan infrastruktur IT . “Salah satu pencapaian UI dalam bidang IT adalah keberhasilannya meraih peringkat pertama sebagai kampus terpintar dalam Telkom Smart Campus Award,” kata Djoko.

    Sedangkan pendirian KICC menurut Djoko, merupakan program peningkatan kerjasama kebudayaan yang strategis karena dilakukan di UI sebagai kampus yang mengusung nama besar Indonesia.

    Lebih lanjut,  menurut Kim Young-Sun kerjasama antara Korea dengan UI telah terjalin sembilan tahun dan berkembang dengan sangat baik hingga saat ini. Revitalisasi ITTC diharapkan dapat memberikan kontribusi pengembangan IT mahasiswa UI dan meningkatkan kualitas SDM Indonesia pada umumnya. Sedangkan KICC diharapkan mampu menjadi tempat pembelajaran kebudayaan Korea bagi seluruh mahasiswa UI maupun masyarakat umum.

    ITTC UI merupakan training center yang dirancang dengan suasana yang senyaman mungkin yang terbuka bagi para profesional, non-profesional, mahasiswa maupun masyarakat umum. Sedangkan KICC berisikan perpustakaan mini yang menyediakan beragam buku, majalah dan film yang berkaitan dengan kebudayaan korea baik tradisional maupun kontemporer dan popular. Selain itu KICC memiliki fasilitas seperti TV 3D, Komputer dan Internet yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung baik mahasiswa UI maupun masyarakat umum.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here