More

    Kini Perpustakaan ITB Terbuka untuk Umum

    28112013 perpustakaan ITB_adima_kaka

    Adima

    BANDUNG, KabarKampus—Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (ITB) kini terbuka untuk masyarakat umum. Untuk menjadi anggotanya cukup membayar iuran Rp 10 ribu per tahunnya.

    - Advertisement -

    Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan ITB, Mahmudin mengatakan, koleksi buku di tempat itu mencapai 270 ribu. Namun, tidak semua buku itu bisa dipinjam oleh masyarakat umum. “Terbatas pada koleksi yang kami dapatkan dari sumbangan,” kata Mahmudin di Bandung, Senin (28/1).

    Buku-buku yang bisa dipinjam oleh masyarakat umum itu, antara lain, sekitar 50 ribu koleksi mantan Rektor ITB Doddy Tisna Amijaya yang disimpan di lantai empat. “Selain itu ada juga buku-buku dari hasil kerjasama ITB seperti di America Corner, Goethe Institute, British Council, dan Indonesia Corner,” ujarnya.

    Meski demikian, masyarakat umum bisa ikut membaca koleksi-koleksi milik ITB di tempat.

    Apabila ada yang membutuhkan referensi dari jurnal ilmiah, tinggal membacanya di ruangan komputer. “Kita sediakan 57 komputer di sana,” kata Mahmudin.

    Untuk tahun 2013 ini, perpustakaan ITB berhasil mendapatkan anggaran sebesar Rp 4,8 miliar untuk pengadaan e-book dan e-journal. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 3,6 miliar. “Pengadaan itu dari permintaan dosen, ketua program studi, serta para dekan,” imbuh Mahmudin.

    Penasaran dengan koleksi dan kenyamanan perpustakaan ITB? Datang saja ke kampus ITB yang terletak di Jalan Ganesha no 10, Bandung. Letak perpustakaan itu ada di bagian belakang kampus apabila kita masuk dari pintu utama.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here