More

    UI dan IPB Masuk 30 Besar Kampus Hijau Terbaik Dunia

    Ahmad Fauzan Sazli

    08 01 2012 GreenMetric

    Sejumlah pejabat Uiversitas Indonesia mengumumkan UI GreenMetric 2012 di Selasar Gedung Balairung UI, Depok, Selasa, (08/01/2013). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLi

    - Advertisement -

    DEPOK, KabarKampus – UI GreenMetric Rangking of World Universities  mengumumkan kampus hijau terbaik dunia tahun 2012. Untuk 30 besar perguruan tinggi hijau terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat ke-25 dengan skor (6,338.14), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan skor 6,317.35 sebagai peringkat ke-27.

    Adapun peringkat kampus hijau terbaik dunia diraih oleh University of Connecticut, Amerika Serikat  dengan skor 7,569.39, diikuti University of Nottingham, Inggris dengan skor 7,375.59 dan University College Cork National University of Ireland, Ireland dengan skor 7,301.84) sebagai peringkat ketiga.

    Menurut Dr. Ir.Muhammad Anis M.Met, wakil retor bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, GreenMetric Rangking of Universities merupakan Inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia Internasional dan menjadi pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang berbasis komitment pengembangan infrastruktur berkelanjutan,  pendidikan dan penelitian lingkungan dan berkelanjutan.

    “Sebagai perguruan tinggi yang menjadi trend setter dalam pemeringkatan dalam bidang berkelanjutan dan  lingkungan hidup dan saat ini UI GreenMetric sudah dapat disejajarkan dengan Shanghai Jiao Tong University yang kini menjadi lembaga pemeringkatan  dua berbasis pencapaian akademik dan webometrics,” kata Anis kepada wartawan di Selasar Gedung Balairung UI, Depok, Selasa, (08/01/2013)

    Di tempat yang sama, Djoko Santoso, Pjs Rektor UI mengungkapakan, bahwa penilaian UI GreenMetric tersebut  antara lain, bagaimana mengelola lingkungannya sendiri, kedua bagaimana banyaknya kegiatan yang mengarah kepada keberlajutan lingkungan seperti sosialisasi masyarakat, kuliah dan sebagainya.

    “Dan UI didalam pengebangan kampus sendiri selalu mengembangkan konsep UI hijau,” kata Djoko menjelaskan alasan UI masuk dalam kampus hijau versus UI GreenMetric.

    UI Green Metric Rangking of World Universities 2012 diikuti oleh 2015 perguruan tinggi dari 49 negara di dunia. Para peserta tersebut telah diseleksi untuk memenuhi standar penilaian UI GreenMetric. Beberapa negera yang berpartisipasi anatara lain adalah CIna, Fiji, Finland, Hongkong, Meksiko, Chile, Afrika Selatan, Palestina, Vietnam, UK, USA.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here