More

    63 Juta Anak Muda, Indonesia Harus Bagaimana?

    18 01 2013 Banjir Roxy

    Frino Bariarcianur

    YOGYAKARTA, KabarKampus- “Para ahli kependudukan menyatakan sebentar lagi Indonesia mengalami ledakan penduduk. Saat ini saja, ada sekira 63 juta anak muda yang harus berjuang meraih masa depan.

    - Advertisement -

    Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Yayasan Kampung Halaman, Cicilia Maharani Tunggadewi, menyikapi persoalan ledakan penduduk Indonesia di tahun 2020-2030. Menurutnya Cicilia, bonus demografi tidak akan menjadi benar-benar bonus bagi Indonesia jika kita tidak segera mendkung generasi muda ini.

    “Kami melihat banyak potensi anak muda yang belum mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hal dasar mereka sebagai warga negara yaitu pendidikan yang berkualitas dan terjangkau,” ungkap Cicilia kepada KabarKampus.

    Pendidikan adalah modal dasar generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam menyikapi persoalan di Indonesia. Dari pendidikan yang berkualitas menurut Cicilia, generasi muda akan mampu meraih masa depan.

    Namun kenyataannya, generasi muda sering dibuat obyek yang ‘patuh’ daripada subyek kritis yang aktif mengeksplorasi suatu hal. “Padahal merekalah yang nantinya akan berperan besar dalam mengisi bonus demografi Indonesia.”

    Ahli Demografi, DR. Sri Moertiningsih Setyo Adioetomo, Guru Besar Ekonomi Kependudukan Universitas Indonesia menyatakan pentingnya memahami dan menyikapi bonus demografi berupa banyaknya jumlah usia produktif di masa mendatang.

    Menyikapi persoalan ini, Yayasan Kampung Halaman akan menggelar diskusi dan pameran bertajuk “63 Juta Anak Muda, Guru Kita” pada hari Sabtu, 23 Februari 2013, 09.00 – 19.00 WIB, di Dia.lo.gue Art Space, Jl. Kemang Selatan No. 99A, Jakarta Selatan.

    Acara ini akan mendengarkan pelbagai persoalan dan tantangan yang tengah dihadapi generasi muda saat ini.

    Pertanyannya, bagaimana Indonesia menyikap bonus demografi ini? []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here