More

    Hati-hati, Behel Dapat Membahayakan Kesehatanmu!

    Endah Kemala

    19022013 ilustrasi behelJaman dulu, anak muda yang pake behel biasanya dianggap aneh, cupu dan sama sekali gak menarik, seperti kisah si Betty di Film “Ugly Betty“. Kesannya sangat aneh melihat seseorang dengan hiasan kawat di giginya. Itu dulu, kini menggunakan behel menjadi salah satu kewajiban untuk merapikan diri, khususnya gigi. Bahkan behel dipasang dengan warna-warni.

    “Sebagai pemanis, agar tidak membosankan dan trendy,“ seorang teman pernah berujar. Dan kalau lagi ciuman agak susah, suka membentur behel dan berasa sedikit ngilu.

    - Advertisement -

    Behel atau gigi kawat sebenarnya merupakan alat pengobatan yang digunakan untuk merapikan letak dan susunan gigi. Untuk memasangnya kamu harus ke specialis orthodontic. Dokter gigi spesialis ini pula harus punya ijin dan tidak sembarangan memasang behel.

    Ketika seorang dokter gigi memasangkan kawat gigi, terlebih dahulu mereka harus memeriksa gigi mana yang harus dicabut. Ini dikarenakan dokter tidak bisa sembarangan mencabut gigi kita. Dengan pencabutan gigi yang asal akan berpengaruh terhadap posisi tulang. Paling serius adalah terserang radang gusi.

    Biasanya kamu merasakan akibatnya satu minggu setelah pemasangan behel. Bila gusi membengkak dan gigi kamu terasa ngeganjel, segera ke dokter.  Pemasangan behel ini menuntut kamu agar selalu membersihkan gigi, jika tidak mulut kamu mengeluarkan aroma tak sedap. Wow, sangat tidak keren bukan!

    Di sejumlah kasus, banyak ditemukan temen-temen kita yang asal memasang behel.  Mereka tidak peduli bahwa pemasangan behel membutuhkan seorang dokter yang benar-benar ahli. Plus harga yang sangat murah. Hasilnya bukan gigi tampak lebih rapi, bisa-bsa kamu juga mengalami sakit kepala yang luar biasa.

    Bukan apa-apa, syaraf gusi dan gigi berhubungan langsung dengan otak. Jika kamu sakit gigi misalnya, tentu kepala kamu berasa nyut-nyutan. Selain saraf otak, syaraf gigi juga sangat berpengaruh terhadap saraf penglihatan. Untuk itu jangan asal pasang behel.

    Berikut sedikit tips dari ZONAPUTIH.COM yang dapat kamu simak. Pertama, jangan hanya jadi korban mode. Jangan ikut-ikutan teman. Mana tahu kan, gigi kamu yang sekarang ini sebenarnya memiliki karakter yang khas J Dua, sebaiknya pemasangan behel dilakukan karena memang ada masalah dengan gigi kamu yang berpengaruh terhadap penampilan.

    Tiga, jangan termakan oleh iklan-iklan pemasangan gigi! Sebaiknya kamu melakukan pemasangan behel ke tempat yang sudah mempunyai ijin praktek seperti Puskesmas, rumah sakit pemerintah atau RSGM. Mungkin memang lebih mahal, tapi apa sepadan dengan kesehatanmu nanti?

    Empat, jangan lupa untuk selalu rutin kontrol dan melakukan perawatan gigi sesuai yang dianjurkan oleh dokter gigi. Kelima, jangan lupa berdoa. Kesehatan gigi adalah kesehatan kita juga. Nah KaKa, udah tahu resikonya kan, silakan pasang behel.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here