More

    JK : Kepemimpinan Bukan Soal Tua Atau Muda

    Ahmad Fauzan Sazli

    26022012 JK UI_FZN SAZLI

    Jusuf Kalla memberikan kuliah umum “Kepemimpinan dan Kepercayaan” di Balai Sidang UI, Depok, Selasa, (26/02/2013). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    DEPOK, KabarKampus – Bagi Jusuf Kalla (JK) kepemimpinan itu bukanlah soal tua atau muda, namun soal kepercayaan dan ketauladanan. Bila si pemimpin memiliki hal tersebut maka akan ada pengikutnya.

    “Inti dari kepemimpinan adalah kepercayaan,” kata Jusuf Kalla dalam kuliah umum bertajuk “Kepemimpinan dan Kepercayaan” di Balai Sidang Univesitas Indonesia, Depok, Selasa (26/02/2013).

    Menurut JK, jumlah pemuda di Indonesia banyak sekali. Harus ada regenerasi kepemimpinan. Tapi bila pemimpinnya muda, prilakunya tidak terpuji maka akan habis juga.

    “Yang tua bisa korupsi dan yang muda juga bisa korupsi,” jelas JK.

    JK mengungkapkan bahwa umur itu ada tiga macam, umur berdasarkan kalender, umur biologis, dan umur kalender namun masih tinggi alias semangat. Bagi JK ada yang umurnya muda namun sakit-sakitan, namun ada juga yang umurnya tua tapi semangatnya muda.

    Saat ini JK berumur 70 tahun. Dalam karir kepemimpinannnya, selama 35 tahun ia bergelut dalam dunia bisnis, 10 tahun  di dunia politik dan saat ini banyak bergelut di dunia sosial.

    “Yang belum adalah menjadi presiden,” tuturnya sambil tertawa.

    Kuliah Umum yang diberikan JK tersebut merupakan rangkaian acara penganugeraan Doktor Honoris Causa oleh Universitas Indonesia kepada Jusuf Kalla dalam bidang kepemimpinan yang telah diberikan Sabtu lalu (09/02/2013).[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here