More

    PoliticaWave : Aher – Deddy Memenangkan Pertarungan di Media Sosial

    Ahmad Fauzan Sazli

    PoliticaWave 01

    Ilustrasi. PoliticaWave.com

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Bila dalam perhitungan cepat dari berbagai survey menyebutkan bahwa Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar mengguli calon gubernur Jawa Barat yang lain. Ternyata sebelumnya pilkada kedua pasangan Cagub tersebut telah banyak dibicarakan positif di media sosial.

    Berdasarkan pemantauan PoliticaWave terhadap percakapan seputar Pilkada Jawa Barat di media sosial, ditemukan bahwa  pasangan Aher – Deddy adalah pasangan yang paling banyak dibicarakan di media sosial. Mereka memimpin dengan presentase 35,9 persen. Disusul oleh pasangan Dede – Lex dengan presentase 31,9%. Sedangkan Rieke – Teten berada pada posisi ketiga dengan selisih yang tidak terlalu banyak.

    Pada chart candidate electability, PoliticaWave melihat bahwa pasangan Aher-Deddy dan Dede – Lex masuk ke dalam kategori positif di media sosial. Untuk char tersebut pasangan Aher-Deddy memimpin dengan poin sebesar 8,08 dan Dede-Lex dengan poin sebesar 0,68. Sedangkan untuk pasangan Rieke-Teten tergolong negatif dengan poin sebesar -15,12.

    Menurut  Rizal, Direktur PoliticaWave, Berdasarkan pengamatan PoliticaWave pada Pilkada yang lain, umumnya pasangan kandidat yang memenangkan Pilkada adalah mereka yang memimpin semua chart.

    “Dari analisa tersebut, maka PoliticaWave menyimpulkan bahwa pasangan Aher-Deddy memenangkan pertarungan Pilkada Jawa Barat ini,” kata Rizal.

    Rizal menjelaskan, bahwa kemenangan Aher-Deddy ini dikarenakan mereka terlihat memimpin pada semua chart. Meskipun hanya unggul pada dua chart, yaitu pada share of awareness dan chart candidate electability. Namun pada chart share of citizen juga terhitung memimpin karena berada di posisi kedua dan selisih yang tipis dengan Dede-Lex .

    Pemantauan PoliticaWave ini dlakukan diberbagai media sosial, seperti Twitter, Facebook, Forum, Blog, Youtube, dan situs-situs berita nasional dan lokal. Percakapan di media sosial tersebut kemudian dianalisa setiap hari dan dijadikan informasi yang mudah dipahami masyarakat.

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here