More

    Ponsel Mata-mata

    Ahmad Fauzan Sazli

    smart phoneYOGYAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembangkan Ponsel menjadi alat pemantau. Alat pemantau tersebut menggunakan Android Smartphone sebagai IP Webcam dengan komunikasi bluetooth dan Wi-Fi berbasis mikrokontroler ATmega8.

    Mahasiswa itu adalah Wahyu Privantoro, mahasiswa Program Studi Teknik Elektronoka. Ia menamakan alatnya tersebut dengan nama Mobile Robot Pemantau.

    - Advertisement -

    Menurut Wahyu, ia menanfaatkan smartphone Android yang banyak digunakan orang untuk berkomunikasi. Ponsel seperti itu memiliki kemampuan Wi-Fi thetering sebagai IP Webcam yang kemudian saya hubungkan dengan Wi-Fi laptop operator oleh pengguna sehingga mampu menampilkan audio video secara realtime.

    “Cara kerjanya adalah fitur bluetooth dan Wi-Fi pada laptop ini digunakan untuk mengirimkan perintah pergerakanmobile robot yang kemudian dikirim melalui bluetooth ke modul bluetooth yang ada pada sistem mikrokontroler,” jelasnya.

    Selanjutnya menurut Wahyu, sistem tersebut akan menampilkan hasil pantuan berupa visual dan dikirim ke laptop melalui komunikasi Wi-Fi dan ditampilkan pada browser yang ada pada laptop.

    “Dari pengujian yang dilakukan, robot pemantau kreasi saya ini dapat melakukan pengiriman video yang direkam menggunakan kamera smartphone dengan baik.” jelas Wahyu.

    Wahyu mengungkapkan, bahwa alatnya tersebut masih memerlukan beberapa pengembangan. Diantaranya adalah kamera yang tidak bisa merekam situasi di bawah dan di atas danoutput video yang masih kurang baik.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here