More

    Smartwatch, Gadget Power Ranger Saingan Smartphone?

    22022013 smartwatch sony_iptek

    Endah Kemala
    Apa kabar gadget? Tentu masih setia menemani aktivitas kalian di kampus atau di kamar tidur. Jika dulu mahasiswa sibuk bergosip di pojokan kampus, sekarang mahasiswa sibuk autis dengan gadget.

    Gosip pun beralih lewat gadget, meskipun kadang teman hanya berjarak 10 cm di depannya. Salah satu gadget yang paling populer dan praktis digunakan tentunya smartphone. Selain bisa ditaruh di saku celana, smartphone ini juga bisa kamu umpetin ketika ujian semester.

    - Advertisement -

    Tapi, kini ada yang lebih canggih dari smartphone. Kamu tidak perlu menyembunyikannya di dalam alat kosmetik atau saku celana, karena dosen kamu akan sulit mengira-ngira keberadaannya. Kerennya, kamu bisa menghayal menjadi power ranger dengan gadget ini.

    Smartwatch, sang gadget baru saat ini telah membuat heboh dunia teknologi. Bayangkan saja, kamu bisa melakukan akses jejaring sosial lewat jam tangan kamu. Kalau kamu pengen tau, mari kita lihat beberapa produk dari para perusahaan teknologi komputer, yang sedang bersaing dan bertempur untuk menghasilkan produk terbaik.

    Sony SmartWatch
    Ini dia smartwatch yang telah diluncurkan sejak pertengahan tahun 2012 kemaren, serta  telah tersedia di Verizon Wireless dengan harga sebesar US$ 149,97 atau setara dengan Rp.1,3 juta. Smartwatch keluaran Sony ini dikembangkan untuk menemani berbagai produk generasi Xperia. Sayangnya Sony Smartwatch tidak dapat digunakan untuk menelpon. Akan tetapi jangan khawatir, layaknya smartphone, jam tangan ini  memiliki berbagai fitur seperti pemberitahuan surat elektronik, newsfeed media jejaring sosial, pemutar musik, serta dapat terkoneksi ke gadget lain melalui Bluetooth.

    Sony smartwatch dirancang menggunakan sistem operasi Android 2.1 (Android Honeycomb), dengan layar multi-touch OLED 1.3 inci.  Tidak hanya itu, adanya fasilitas canggih, membuat pengguna dapat mengakses fungsi telepon seperti panggilan (dial), pesan, musik serta aplikasi jejaring sosial (Twitter dan Facebook) lewat displaynya. Gadged ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik, seperti  pink, putih dan biru. Dengan desainnya yang tahan percikan air, debu dan pasir, membuat jam tangan cerdas ini sangat cocok buat kamu yang suka sekali berpetualang.

    Apple iWatch
    Berbeda dengan Sony yang telah meluncurkan produknya, smartphone apple ini masih dirancang dan dikatakan sebagai proyek masa depan. Banyaknya kabar dan rumor yang berkembang mengenai “gadget masa depan” keluargan Apple ini. Akan tetapi, berdasarkan kabar dari Business Insider, Rabu (13/2/2013),yang dilansir teknokompas.com bahwa Apple mempekerjakan hingga 100 orang demi kesuksesan produk baru ini. Tentunya kabar ini bukan langsung dinyatakan oleh Apple secara resmi, namun pada sebuah laporan di media Bloomberg.

    Kabarnya, iWatch dari Apple akan mengusung sistem operasi iOS, yang dibuat dari bahan material kaca melengkung (curved glass).

    Munculnya iWatch diperkuat dengan adanya kabar dari TGbus, sebuah situs asal China  mengenai kerja sama antara Apple dan Intel. Keduanya dikatakan bekerjasama untuk membuat sebuah jam tangan pintar dengan layar OLED 1,5 inci, yang dilengkapi dengan sistem operasi iOS. Smartwatch ini nantinya akan terkoneksi melalui Bluetooth, serta dapat dihubungkan ke iPhone.

    Kamu bisa langsung membaca pesan teks, menjawab panggilan suara, dan meng-update status Facebook langsung melalui aksesori di lenganmu.

    Jika tidak sabar ingin segera memilikinya, kamu tidak perlu khawatir. Dikutip dari Cnet, Jumat (28/12/2012), Apple dikabarkan akan meluncurkan perangkat ini pada tahun 2013 mendatang.

    Smartwacth Misterius Samsung
    Sebagai saingan Apple, Samsung tentu gak mau kalah untuk meluncurkan produk smartwatch. Samsung sendiri masih merahasiakan produk smartwacthnya ini. Namun, banyak sekali media yang telah mendapatkan gambar screenshot smartwatch misterius ini dari  sebuah messageboard Korea.

    Dalam beberapa gambar, pada bagian kiri atas layar, tertulis “SKT” dan “SKTelecom”, yang menandakan, kemungkinan besar Altius dapat dilengkapi kartu SIM dan menjalankan paket data dari operator.Pada gambar lainnya tertulis  nama kode “Samsung-GA7” yang mengindikasikan nama kode jenis layar LCD Altius.

    Selain beberapa gambar itu, terdapat pula informasi mengenai kemungkinan AltiusOS beta 2 yang akan digunakan sebagai sistem operasi. Smartwatch ini juga terlihat memiliki kemampuan untuk memutar file multimedia, e-mail, dan mengirim pesan SMS. Gosipnya, smartwatch keluaran perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan diperkenalkan bersamaan dengan Samsung Galaxy S IV pada pertengahan Maret 2013 ini. Namun, tentunya kabar ini masih menjadi misteri, karena belum adanya respon dari samsung mengenai kabar tersebut

    Canggih bukan? Kamu bisa update status sambil menghayal jadi Kamen Rider atau Luke Skywalker.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here