More

    UI Gratiskan Uang Pangkal Mahasiswa Baru

    Ahmad Fauzan Sazli

    UIJAKARTA, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) menggratiskan uang pangkal mahasiswa baru S1 reguler tahun 2013. Kebijakan tersebut diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa UI tanpa terkecuali.

    “Pembebasan Uang Pangkal (UP) bagi mahasiswa S1 Reguler dimungkinkan karena kebijakan UI untuk mengalokasikan beban biaya UP dari dana BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,”  kata Prof.I Ketut Surajaya, MA Sekretaris Universitas Indonesia, Sabtu, (02/02/2013).

    - Advertisement -

    Menurutnya mahasiswa hanya akan dikenakan biaya uang kuliah atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) sebesar Rp 100.000 – maksimal Rp 5.000.000 per semester untuk jurusan IPS. Sementara untuk jurusan IPA sebesar Rp 100.000 – maksimal Rp 7.500.000 per semester.

    “Rentang biaya BOP-B tersebut disesuaikan dengan kemampuan dan tanggungan finansial orangtua atau wali mahasiswa,” jelas Ketut.

    Ketut mengungkapkan, kebijakan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen dan upaya UI dalam pemerataan kesempatan yang sama bagi seluruh anak bangsa dari berbagai lapisan masyarakat untuk dapat berkuliah di UI dengan kemampuan akademik (bukan kemampuan ekonomi).

    Program pendidikan S1 Reguler di UI terbuka bagi lulusan SMA atau sederajat tahun kelulusan 2013, 2012 dan 2011. Program tersebut dapat ditempuh melalui tiga seleksi yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SIMAK UI (Seleksi Masuk UI).[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here