More

    Mobil Formula UGM Siap Bertarung di Jepang

    Ahmad Fauzan Sazli

    Mobil Formula Mahasiswa at Ecopa

    Mobil formula mahasiswa yang berlaga di Ogasayama Sports Park, Jepang 2012. FOTO : jsae.or.jp

    - Advertisement -

    Yogyakarta, KabarKampus – Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) siap berlaga di ajang Student Formula Jepang 2013. Tim dari UGM tersebut merupakan salah satu tim dari Indonesia yang akan bersaing dengan 78 tim dari berbagai Negara di Asia seperti Jepang, China, Korea Selatan, India, serta Thailand.

    Bagus Basuki, Koordinator Teknis tim Bimasakti UGM mengatakan, bahwa tim Bimasakti banyak melakukan perubahan dalam segi teknis, seperti pereduksian berat mobil dan pemilihan material. Mereka juga kembali menggunakan mesin Honda CBR 600 cc. Mesin tersebut dimodifikasi pada bagian intake system dan mengupgrade elektronis engine agar menghasilkan output yang lebih tinggi.

    “Kami menargetkan dapat unggul dalam acceleration,” kata Bagus.

    Sementara itu Muhammad Fikri Haykal Syarif, kapten tim Bimasakti menambahkan, bahwa ajang student formula tersebut akan menguji kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun, adu kecepatan, ketahanan, serta mempresentasikan mobil formula mereka kepada user

    Haykal menjelaskan, bahwa tim Bimasakti adalah tim yang pertama kali lolos dalam technical inspection dan mengikuti dynamic event. Kemudian tahap selanjutnya merekan akan melewati tahap document Screening, seperti cost analysis, desain report, dan sebagainya.

    “Kita mulai mempersiapkannya dari sekarang. Semoga berjalan lancar karena kami sudah berbekal dari tahun sebelumnya,” kata Haykal.

    Kompetisi mobil formula level mahasiswa digelar oleh Society of Automotive Engineer of Japan (JSAE) di ECOPA (Ogasayama Sport Park, Shizuoka World Cup Stadium), Aino-city, Japan pada pada 03 – 07 September 2013 mendatang. Selain tim UGM, sejumlah tim dari kampus Indonesia seperti Instut Teknologi Bandung dan tim dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) juga siap berlaga pada ajang tersebut.

     

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here