More

    Ponsel Transparan yang Menjadi Kenyataan

    Endah Kemala
    ponsel transparanKalau kemaren-kemaren dunia gadged diributkan mengenai perseturuan antara apple dan samsung mengenai hak paten beberapa produknya, maka Polytron tidak mau dipusingkan mengenai hal tersebut. Polytron Technologies, perusahaan ponsel Taiwan ini sedang fokus dalam mengembangkan desain ponsel futuristik ala “Tony Stark“. Ponsel canggih transparan andalan mereka ini akan segera hadir dan nyata terpakai seperti di film Iron Man.

    Ponsel futuristik ini tidak hanya memiliki layar transparan, tapi juga sangat langsing. Agar tidak disabotase oleh para pesaingnya, Polytron langsung mengklaimnya sebagai  ponsel transparan pertama di dunia.

    Tapi tidak semua bagian dari ponsel ini transparan. Ada beberapa perangkat seperti microSD dan kartu SIM yang masih terlihat jelas. Begitu pula dengan beberapa komponen elektrik lainnya yang mendukung kinerja ponsel ini.

    - Advertisement -

    Komponen-komponen tersebut nantinya akan disembunyikan di balik penutup kaca gelap saat seluruh bagian selesai diproduksi. Ponsel ini dilengkapi layar transparan berbahan kaca khusus, dengan teknologi layar sentuh (touchscreen). Polytron menaruh kaca setebal setengah centimeter yang tahan banting.

    Untuk energi, Polytron sedang mengembangkan baterai Lithium ion yang lebih kecil, sehingga makin tak terlihat.

    Untuk menampilkan gambar, Politron menggunakan teknologi Switchable Glass, yaitu sebuah OLED konduktif yang menggunakan molekul kristal cair. Tidak hanya gambar, molekul-molekul ini akan kembali menjadi bentuk teks, ikon, atau citra lainnya. Dimana pada saat ponsel dimatikan, molekul akan bersekutu membentuk sebuah komposisi seperti susu. Pada saat diaktifkan, molekul akan bersatu kembali untuk membentuk teks, ikon dan gambar lainnya.

    Uniknya, arus listrik juga dialirkan melalui kabel transparan. Tidak hanya itu, kita bahkan tidak akan melihat tombol huruf dan angka sama sekali. Tombol-tombol akan muncul berbasis kristal OLED, dengan tampilan layar yang dapat dilihat dari dua sisi, depan dan belakang. Namun, tombol hanya merespons setuhan dari sisi depan saja.

    Tidak sabar untuk menanti? Jangan khawatir, kamu hanya perlu menabung dari sekarang. Kabarnya ponsel ini akan segera masuk pasar pada akhir 2013 ini. Bahkan konon Polytron Technologies telah menawarkan produk ini ke beberapa perusahaan untuk dibuat oleh vendor OEM. Harganya sendiri belum diumumkan, namun pihak perusahaan memastikan ponsel mereka lebih murah dari iPhone-5.

    Canggih bukan? Bersiap-siaplah menjadi agen rahasia bersama ponsel futuristikmu! []

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here