More

    ROPITS, Mobil Mini yang Tak Butuh Pengemudi

    Endah Kemala

    18032013 ilustrasi ropits mobil tanpa pengemudiSaat ini robot-robot di dunia semakin keren dan canggih. Salah satunya robot buatan Hitachi Corp Jepang. Hitachi menciptakan sebuah robot pintar berukuran mini untuk transportasi perorangan.

    Mobil buatan Hitachi Corp bernama ROPITS, atau Robot for Personal Intelligent Transport System. Kamu gak harus memiliki SIM untuk menaikinya. Mobil ini dikendalikan oleh robot dengan panduan GPS yang bergantung pada kamera serta sensor laser 2D dan 3D agar dapat terhindar dari rintangan, termasuk pejalan kaki dan melambat di jalur sempit.

    - Advertisement -

    Selain itu, ROPITS juga didukung sensor gyro yang membuat mobil tetap tegak walau berjalan pada pada permukaan yang tidak rata. Jika menaikinya, kamu cukup menentukan tujuan melalui tablet layar sentuh yang terpasang di dalamnya. Wuss, mobil akan siap mengantarkan.

    Meski sudah sangat otomatis, mobil ini tetap memiliki kemudi manual berbentuk joystick untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat. Kerennya, kamu gak harus jago nyetir untuk mengendalikannya. Cukup dengan memainkan joystick ke arah yang diinginkan sambil melihat monitor GPS. Gak jauh beda kayak maen main video game.

    Menurut sang Desainer, Jeremy Clarkson, mobil pintar ini dapat berjalan dengan kecepatan 38 mil per jam atau sekitar 57 km per jam, serta menggunakan baterai litium ion sebagai sumber tenaganya. Sayangnya mobil ini memiliki kabin yang cukup kecil, dan hanya dapat mengangkut 1 penumpang.

    Konsep awal dari ROPITS tadinya sebagai kendaraan pribadi bagi orang-orang yang memiliki kendala berjalan, seperti orang lanjut usia dan lumpuh. Akan tetapi, di kota Tsukuba Prefektur Ibaraki, ROPITS telah digunakan sebagai taksi. Para penumpang tinggal menunggu di halte dan memanggil ROPITS yang lewat.

    Belum banyak detail mengenai mobil ini yang diungkap oleh Hitachi Corp. Kabarnya mereka akan mengungkap lebih detil pada ajang Japan Society of Mechanical Engineers Conference on Robotics and Mechatronics yang digelar di Jepang pada bulan Mei 2013. Jadi kamu harus menunggu untuk perkembangan selanjutnya tentang mobil ini.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here