More

    Anies Baswedan : Sistem UN Harus Diganti

    Ahmad Fauzan Sazli

    12 02 2013 Anies BAswedan

    JAKARTA, KabarKampus – Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina mengatakan bahwa sistem Ujian Nasional (UN) harus diperbaiki. Pasalnya Ujian Nasional itu menimbulkan insentif tidak jujur.

    - Advertisement -

    “Saat ini orang-orang pada takut tidak lulus. Bila jumlah lulusnya tidak banyak malah mendapat hukuman. Jadi akhirnya tidak ada insentif untuk jujur,” kata Anies Kepada KabarKampus di kampus Universitas Paramadina, Jumat, (19/04/2013).

    Menurutnya perbaikan itu tidak bisa sedikit, tidak hanya soal kejujuran yang diperbaiki, soal materi, dan distribusi. Namun sistemnya yang diperbaiki.

    Anies mengungkapkan, Bahwa UN harus sesuai dengan cita-cita pendidikan nasional, yakni menghasilkan anak-anak yang berakhlak dan berkarakter. Sementara  UN tersebut belum konsisten dengan cita-cita itu.

    “Jadi harus punya keberanian untuk melihat ulang apakah pendekatan yang dilakukan sekarang telah sesuai dengan cita-cita pendidikan nasional,” kata Anies.

    Untuk itu menurut Anies, pendidikan tidak hanya fokus ada ujungnya, namun pada prosesnya. Sehingga dalam Ujian Nasional, ketika hasil ujian nasional rendah tidak diikuti dengan hukuman, namun dengan program penguatan.

    Namun, menurut Anis Ujian atau evaluasi harus tetap ada, karena dengan ujian tersebut dapat diketahui kualitas siswa.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here