More

    BEM Unpad Mengajar di Desa Sukawening

    Ahmad Fauzan sazli

    mahasiswa Unpad Open House

    Kegiatan menyanyi anak-anak Sukawening dalam acara Open House Taman Ilmu di Desa Sukawening, Jawa Barat, Sabtu, (27/04/2013). FOTO : BEM Kema Unpad

    - Advertisement -

    BANDUNG, KabarKampus – BEM Kema Universitas Padjajaran mengajar anak-anak usia balita hingga umur 12 tahun di lingkungan desa Sukawening, Jawa Barat. Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa mengajar mulai dari Bahasa Indonesia dan Matematika, tari, musik, hingga gambar.

    Kegiatan mengajar ini merupakan program Taman Ilmu, yakni kegiatan yang digelar Kementerian Pengabdian Masyarakat BEM. Taman Ilmu ini diikuti oleh 27 mahasiswa dengan 50 peserta didik.

    “Setiap minggu ada puluhan anak yang menuggu kedatang kami, saat datang, dari jarak 50 meter anak-anak sudah berlari-lari menyambut kedatangan kami, mereka aktif-aktif dan pintar-pintar sayang sekali jika potensi anak-anak ini disia-siakan,” kata Elvira Juwita Saraswati, pengurus BEM Kema Unpad.

    Menurutnya  di taman ilmu selain kelas belajar dan kelas bermain, juga terdapat perpustakan untuk bahan bacaan warga di desa. Program-program dalam taman ilmu yang rutin yaitu Belajar Mengajar setiap hari jumat-sabtu dan minggu, Upgrading (anggota dan pembelajaran) setiap bulan, dan diakhir kepengurusan akan ada pembuatan film tentang taman ilmu itu sendiri.

    Elvira mengungkapkan bahwa, Taman Ilmu tak sekedar tempat belajar bagi anak-anak, tapi juga sebagai tempat bermain dan tempat mencari, dan mengoptimalkan kemampuan anak-anak di desa.

    “Tujuan dari kegiatan Taman Ilmu Bem Kema Unpad ini adalah untuk mencetak generasi yang berkarakter bagi bangsa Indonesia,” jelas Elvira.

    Dalam acara Open House Taman Ilmu yang digelar Sabtu, 27/04/2013 kemarin, para siswa-siswa taman ilmu menampilkan berbagai keterampilan yang telah diajarkan mahasiswa, yakni bermain drama, menari, dan membaca puisi.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here