More

    Jurus Jitu Cepat Kelar Skripsi

    Endah Kemala
    15042013 ilustrasi cara jitu cepat kelar skripsiSkripsi sebagai pintu terakhir tiap mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan seringkali membuat kita menganggapnya sebagai momen yang paling mengerikan. Gak hanya stress memutar otak untuk memahami tema yang akan diulas, dosen pembimbing yang killer atau seringkali sulit ditemui emang selalu bikin kita down dan ingin bunuh diri. Sehingga banyak banget mahasiswa tingkat akhir yang akhirnya mentok menghadapi skripsi.
    Sia-sia banget kan, kalau setelah selama 4 tahun lebih perjuangan kamu terhenti hanya sampai di skripsi. Padahal orangtua udah berdarah-darah nyari duit hanya demi menantikan momen wisuda anak yang dibanggakannya. Kamu tentu gak mau kan ngecewain orangtua yang udah berharap banyak? Kalau gitu, kamu bisa coba jurus berikut ini, supaya skripsi kamu cepet kelar.
     
    Jaga Kesehatan Fisik dan Jiwa
    Sangat penting buat kamu untuk menjaga kesehatan fisik dan jiwa. Kalau kamu sering sakit-sakitan, tentu otak kamu gak akan mampu berfikir dengan cerdas untuk mencerna pembahasan dalam skripsi. Selain fisik, jiwa kamu juga harus tenang dan jangan stress. Menghadapi skripsi gak hanya akan menyita kesehatan fisik, tapi akan banyak sekali masalah yang nantinya kamu hadapi. Dari penyakit pikiran inilah yang biasanya membuat banyak mahasiswa jadi ngedrop, gak bisa berfikir dan merasa takut. Jadi sebelum mulai mengajukan tema skripsi, persiapkan kesehatanmu secara lahir dan batin.
    Berkawan dengan Karyawan Fakultas
    Jangan remehkan para pegawai di fakultasmu kawan! Banyak banget mahasiswa yang bersitegang dengan pegawai fakultas pada saat mengurus masalah administrasi. Kamu harus ingat kalau kerjaan mereka cukup banyak, gak hanya ngurusin masalah administrasi skripsi kamu aja. Untuk itu, coba sedikit mengalah kepada mereka. Kalau perlu ajak becanda sekalian, biar moodnya menjadi lebih bagus. Nah, kalau pertemanan telah terjadi, segala sesuatunya bakalan lebih mudah. Jangan kaget nanti, di tengah banyaknya kerjaan mereka kamu bakal jadi prioritas.
    Bersahabat dengan dosen Pembimbing
    Udah jadi cerita basi, kalau banyak banget mahasiswa yang nyerah dengan skripsinya gara-gara dosen pembimbing. Mulai dari perbedaan pendapat dengan dosen pembimbing, harapan sang dosen yang terlalu tinggi terhadap penelitian sang mahasiswa, hingga dosen pembimbing yang sulit banget ditemuin. Apalagi model-model dosen pembimbing jenius yang sering banget keluar kota atau ke luar negri berbulan-bulan. Pasti pengan banget nangis rasanya. Kalau masalahmu seperti itu, sebaiknya lakukan pedekate sama dosen pembimbing ini.
    Cari tau tentang sang dosen serta jam sibuknya. Sebelum kalian berlanjut terlalu jauh, dari awal sebaiknya sepakati waktu bimbingan dan buat jadwal yang bisa ditepati sang dosen selama masa bimbingan skripsimu. Kalau perlu, sering-sering curhat deh untuk dapetin simpati sang dosen. Misalnya ceritakan kehidupan sulit orangtua yang gak akan sanggup biayain kuliah, kalau tahun ini kamu gak lulus. Bahkan, curhatan masalah rencana pernikahan dalam waktu dekat juga bisa jadi jurus ampuh meluluhkan dosen pembimbing. Nah, kalau persahabatan dan hubungan emosional telah terjalin, biasanya sang dosen gak akan keberatan waktu istirahatnya bersama keluarga di rumah diganggu oleh kamu. Selain itu, selama kalian diskusi dengarkan baik-baik arahannya, banyak-banyaklah bertanya hal yang gak kamu pahamin. Jangan terlalu sering bersitegang dan membuat diskusi kalian menjadi blunder. Pastikan sebelum jam bimbingan kalian berakhir, sudah ada arahan yang pas dan kamu pahamin untuk pengerjaan skripsi.
     
    Perbanyak Referensi
    Perbanyak referensimu. Kebingungan biasanya terjadi akibat ketidakpahamanmu terhadap permasalahan yang dibahas. Banyak-banyaklah membaca buku dan berdiskusi dengan teman-temanmu. Tapi, hati-hati selama diskusi, jangan justru menambah kebingungan dan membuat kamu mengganti lagi tema pembahasan. Perbanyak referensi untuk memperkuat argumentasi dalam pembahasan skripsimu. Dengan adanya pencerahan dari banyak sudut pandang, kamu akan bisa melihat permasalahan skripsimu dari berbagai sudut pandang yang gak biasa untuk memperkuat bahasan dalam penelitian skripsi.
     
    Manajemen Waktu
    Seringkali ketika skripsi, para mahasiswa mengerjakannya gak berhenti dari pagi hingga pagi lagi tanpa keluar dari kamar. Sangat salah! Saatnya kamu mulai mengatur waktu dari makan, mengerjakan skripsi, istirahat, ketemu dosen hingga berkumpul dengan teman-temanmu. Jangan habiskan waktumu untuk mengerjakan skripsi. Kamu harus makan dan istirahat yang cukup agar kesehatanmu tetap terjaga. Selain itu, dengan aktivitas berkumpul bersama teman membuat kamu justru bisa mendapatkan teman sharing dan menjadi lebih santai.
    Refreshing
    Membuat skripsi bukan berarti kamu harus bertapa dong. Cari waktu untuk refreshing. Minimal seminggu sekali. Jangan membuat otakmu keram, karena bisa berdampak menjadi depresi. Jalan-jalan dan bertemu dengan doi gak akan sama sekali mengganggu kamu kok. Bahkan, sekali-sekali kamu harus mengajak teman-temanmu untuk kemah atau sekedar gila-gilaan.
     
    Berdoa, Minta Dukungan Keluarga Dan Orang Terdekat
    Ini nih yang paling penting. Berdoa, dan mendekatkan diri kepada Tuhan agar kamu bisa mendapat ketenangan. Minta restu dan motivasi dari orangtua, saudara, doi hingga sahabat. Adanya dukungan dari orang-orang terkasih bisa menjadi pecut kita untuk selalu semangat.
    Gak susah kan jurus-jurusnya. Ayo lakukan sekarang biar skripsimu cepet kelar!
    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here