More

    Meriahnya Kartini dan Kartono Days FKM UI

    Ahmad Fauzan Sazli

    27 04 2013 kartono dan kartini days

    Isak Ajie dan Sella, salah satu peserta Kartini dan Kartono Days Fakultas Kesehatan Masyarakat UI  di Balai Kegiatan Mahasiswa FKM UI, Depok, Sabtu, (27/04/2013).  FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Kartini dikenang sebagai pahlawan emansipasi wanita. Untuk mengenang  jasa-jasanya maka setiap tanggal 21 April dirayakan sebagai hari Kartini. Namun mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia punya cara sendiri untuk mengenang perempuan asal Jepara, Jawa Tengah tersebut.

    Tak hanya menghadirkan sosok Kartini, mereka juga menghadirkan sosok Kartono untuk menemani sang Kartini. Acara tersebut adalah Kartini dan Kartono Days.

    Sebanyak 13 Pasangan Kartini dan Kartono mengikuti ajang ini. Dengan menggunakan pakaian khas dari berbagai daerah, mereka berunjuk kemampuan. Bak pemilihan putra dan putri sejagat, mereka ditanya satu persatu oleh para juri, mulai dari soal kondom, sex bebas dikalangan anak muda, hingga persoalan rokok dan kemiskinan.

    Yang tak kalah ramai adalah pendukung setiap pasangan. Apapun jawaban dari pasangan tersebut disambut dengan antusias mulai dari terompet, tepuk tangan, hingga cahaya-cahaya di dinding.

    Selanjutnya 13 Kartini dan Kartono tersebut unjuk kreativitas. Seperti Agus dan Astrid, Agus bernyanyi dnegan menggunkan bahasa Jawa, sementara Astrid berdongeng mengenai Kartini. Kemudian tiba-tiba secara mengejutkan bersama teman-temanya, mereka berharlem shake. Begitu juga Adit dan Delfina, dalam penampilannya Adit mengkampanyekan keselamatan dalam menghadaapi gempa bumi yang dibalut dengan cerita pasangan suami istri.

    “Banyak mahasiswa yang sudah lupa dengan Kartini. Kami ingin mengahadirkan sosok Kartini itu di kalangan Mahasiswa,” kata Julia Kumuwandari, ketua panitia.

    Menurutnya, dengan kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan semangat kartini di kalangan mahasiswa. Selain itu kegiatan ini juga ingin menyatukan seluruh angkatan dan jurusan yang ada di FKM UI.

    Dalam perhelatan tersebut terpilih tiga kategori pemenang, yakni terkreatif, terfavorit, dan juara yang dipilih juri. Tak ketinggalan adalah dipilihnya supporter terheboh. Kemudian pemenang pilihan juri dinobatkan sebagai duta FKM UI.

    Kartini dan Kartono Days merupakan salah satu rangkaian acara “Tebongkar Days” yang digelar Fakultas Kesehatan Masayrakat UI. Kegiatan yang digelar setiap tahun ini menyuguhkan seminar teknopreneurship, talkshow writerpreneurship, bazar, serta, beauty dan hijab class.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here