More

    Permen Jelly Dari Daun Camcau Olahan Mahasiswa UNY

    Ahmad Fauzan Sazli

    Permen Jelly

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Banyaknya khasiat dari daun camcau, mendorong mahasiswa  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengolah daun tersebut menjadi permen jelly. Permen ini tentunya menyehatkan dan dapat dikonsumsi semua orang.

    - Advertisement -

    “Berdasarkan penelitian, camcau rendah kalori dan berserat tinggi, kata Ami Nurhayati, mahasiswa pendidikan bahasa Jerman UNY.

    Menurutnya, daun camcau memiliki kandungan kalsium dan fosfor. Camcau juga dipercaya meredakan sakit panas dalam, sembelit, derita perut kembung, demam, dan diare. Selain itu seratnya bermanfaat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karniogen penyebab kanker.

    Ami mengungkapkan, bahwa  permen tersebut  bentuknya minimalis, ringan dan mudah dibawa. Sementara pembuatannya hanya membutuh waktu satu hari.

    “Banyak orang Indonesia suka ngemil, kenapa tidak mengusung permen sebagai produknya,” ungkap Ami.

    Ami menjelaskan, saat ini permen dari daun camcau ini masih dikemas secara sederhana. Mereka berencana akan mengemas permen tersebut dengan kemasan ramah lingkungan dan dilengkapi dengan komposisi bahan, agar konsumen tahu khasiatnya.

    Ami tak sendiri, terdapat tiga mahasiswa lain yang membantunya, yakni  Iwuk Wijayanti dan Ervina Rahayu, mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman 2009, dan Ana Risqiana Putri, mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa 2010.

    Penelitian mereka yang berjudul “Pemanfaatan Daun Camcau Hijau Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Permen Jelly yang Menyehatkan Guna Meningkatkan Nilai Ekonomis Tanaman Camcau” ini berhasil menjadi salah satu penelitan yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan didanai oleh Direktorat Perguruan Tinggi  (DIKTI) pada 2013.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here