More

    Tolak RUU Ormas, Aktivis IMM Datangi Gedung Sate

    Prabowo Setyadi

    aksi penolakan ruu ormas 1-prabowo setyadi

    Seorang aktivis mahasiswa IMM melakukan orasi di depan aktivis IMM lainnya dalam aksi menolak RUU Ormas di depan gedung sate, Bandung, Jumat, (19/04/2013). FOTO : PRABOWO SETYADI

    - Advertisement -

    BANDUNG, KabarKampus – Puluhan massa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Barat melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (19/4). Unjuk rasa tersebut menolak rancangan RUU Ormas.

    Dalam aksinya mereka membawa spanduk yang berisi penolakan terhadap RUU Ormas. Mereka juga melakukan orasi secara bergantian.

    Menurut Rizal Nurahman, ketua DPD IMM Jawa Barat, RUU Ormas secara ideologis substansi dan spirit mengarah pada pemaksaan asas tunggal pancasila. Padahal asas pancasila yang dimaksud mengandung dan menimbulkan pemahaman yang multi tafsir.

    “Kami tidak sepakat apabila semua ormas diwajibkan untuk ber-asas kan Pancasila karena Indonesia itu multikultur,” kata

    Rizal menjelaskan, bahwa RUU Ormas tersebut akan mendorong pada spirit orde baru. Dan menjadi alat yang ampuh dan represif untuk menekan ormas yang menyimpang dari ideologi Pancasila.

    “Ketika Reformasi itu semangat kebebasannya sangat kental. Tapi ketika sekarang harus dipaksakan ber-asas kan Pancasila kami menolak,” ucap Rizal.

    Aksi yang berlangsung di depan pagar gedung sate ini berlangsung damai dengan pengawasan polisi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here