More

    Cantik dan Sehat dengan Madu

    Endah Kemala

    10052013 ilustrasi madu kecantikanTahukah kamu, selain merupakan sumber energi alami dan baik untuk sistem imunisasi manusia, madu juga baik untuk merawat kecantikan. Kalau kulit kamu kering, kusam dan kurang terawat akibat kesibukan di kampus, madu bisa menjadi alternative tepat untuk mengatasi masalahmu.

    Madu ternyata sudah digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit oleh para wanita kerajaan di jaman dahulu. Dengan tekstur yang lembut dan kandungannya yang kaya vitamin, mineral, antioksidan dan potasium membuat madu ini bisa kamu gunakan sebagai pelembab, penyegar serta masker wajah.

    - Advertisement -

    Kalau tidak percaya, kamu bisa kok mencoba resep alami ini untuk merawat kecantikanmu tanpa harus ke salon.

    Madu untuk Wajah

    Madu ini bisa kamu gunakan sebagai penyegar dan pelembab wajah. Berikut resepnya.

    Untuk Penyegar :

    Sediakan terlebih dahulu 1 sendok air lemon, 1 sendok teh madu, dan 2 putih telur, campurkan semua bahan-bahan tersebut hingga rata. Campuran ini bisa langsung dioleskan ke seluruh kulit leher dan wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Siapkan air hangat, dan gunakan untuk membilas kulit leher dan wajahmu. Keringkan menggunakan handuk sambil ditepuk-tepuk perlahan.

    Untuk Pelembab:

    Sebagai pelembab, kamu harus mencampurkan 2 sendok makan susu dengan 2 sendok makan madu, aduk rata. Campuran ini tinggal kamu oleskan pada wajah dan leher, dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat. Madu ini juga bisa sebagai pelembab bibir, hanya oleskan setiap malam ketika akan tidur.

    Madu untuk Kulit

    Selain untuk wajah, madu ini juga sangat baik digunakan sebagai perawatan kulit. Caranya adalah dengan menggunakan madu untuk berendam. Siapkan bahan-bahan seperti ¼ cangkir susu bubuk full cream, ½ cangkir madu, dan 4 tetes minyak esensial mawar atau lavender dalam wadah. Bahan-bahan tersebut dicampurkan ke dalam bath tub berisi hangat. Kamu harus berendam di dalamnya selama 15 menit. Campuran madu dan susu ini tidak hanya berkhasiat meningkatkan kelembapan dan kehalusan kulit, tetapi juga sebagai terapi relaksasi.

    Madu untuk Rambut

    Tidak hanya untuk wajah dan kulit, madu bahkan bisa kamu pakai sebagai ramuan untuk membuat rambut lebih indah. Sediakan bahan-bahan seperti r ¼ cangkir madu, 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok teh air jeruk nipis. Campurkan semua bahan tersebut dan oleskan pada kulit kepalamu sambil dipijat. Tutup rambut menggunakan shower cap dan biarkan selama 15-30 menit hingga sempurna. Bilas dengan shampoo dan air hangat.

    Mudah bukan caranya! Kamu harus melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. []

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here