More
    Home RAGAM GAYA HIDUP Mengatasi Sakit Menstruasi yang Mengganggu Aktivitas Kuliah

    Mengatasi Sakit Menstruasi yang Mengganggu Aktivitas Kuliah

    Endah Kemala

    12 05 2013 Ilustrasi HaidSering merasa nyeri ketika Haid? Ini tentu sangat mengganggu aktivitas kuliahmu. Bahkan, banyak sekali mahasiswi yang gak masuk kuliah dan melewatkan ujian karena nyeri haid yang tak tertahankan. Kalau kamu termasuk cewek yang sering menderita karena haid, bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

    Konsumsi Minuman Hangat

    Salah satu cara untuk mengatasi rasa nyeri haid adalah dengan mengonsumsi minuman atau makanan hangat. Apabila merasa nyeri yang tak tertahankan, atasi dengan meminum air jahe hangat atau teh manis hangat. Selain itu, selama masa haid kamu bisa memasukan sop hangat sebagai menu makan.

    Konsumsi Jamu

    Jamu sebagai minuman khas Indonesia, dibuat dari bahan-bahan alami dengan racikan dari warisan nenek moyang. Itulah sebabnya, jamu bisa menjadi salah satu obat mujarab untuk mengatasi rasa nyeri haid mu. Salah satu jamu yang baik diminum adalah jamu kunyit asam, yang bisa membuat tubuhmu lebih segar dan fit selama menjalani aktivitas kuliah. Jamu ini sebaiknya diminum ketika memasuki masa haid, dan setelah haid berakhir.

    Kompres Perut

    Pada saat nyeri atau kram melanda, segera kompres perut kamu dengan air hangat. Caranya, rendam handuk di dalam air panas selama beberapa menit, peras dan langsung kompres pada perut.

    Pijatan Minyak Kayu Putih

    Selalu sediakan minyak kayu putih pada saat haid. Ketika tiba-tiba nyeri haid datang, oleskan minyak kayu putih ini ke perut bagian bawah. Kemudian usap perut bagian bawahmu, dan pijat dengan lembut. Dengan adanya minyak kayu putih akan memberi aroma menenangkan segaligus rasa hangat pada perut.

    Lakukan Olahraga Ringan

    Olahraga ringan bisa kamu lakukan ketika haid. Biasakan untuk jalan-jalan di sore hari atau sekedar senam ringan. Ini bisa membuat aliran darahmu menjadi lancar, dan tubuh lebih segar.

    Mengonsumsi Makanan Sehat

    Kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat, agar kandungan protein dan vitamin di dalamnya bisa membantu pembentukan sel yang rusak dan mengatasi rasa nyeri. Beberpa makanan yang baik untuk di konsumsi yaitu:

    ·         Susu memiliki kandungan kalsium tinggi yang dapat menolong untuk mengurangi nyeri ketika haid. Selain meminum susu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang berasal dari susu, seperti yoghurt atau keju.

    ·         Pisang mengandung vitamin B6 yang ber fungsi untuk mengurangi nyeri pada saat haid.

    ·         Kacang-Kacangan seperti kacang, kuaci dan kacang mete mengandung banyak magnesium. Selain membantu mengurangi nyeri, mangnesium juga bisa memperbaiki mood yang buruk, serta membantu mengurangi penyimpanan cairan di dalam tubuh.

    ·         Sarden adalah ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Adanya kandungan asam lemak Omega-3 dalam ikan yang terkenal kelezatannya ini, bisa mengurangi kram ketika haid. Sama seperti susu, daging sarden juga kaya akan kalsium yang dapat mengurangi nyeri ketika haid.

    ·         Nanas adalah buah yang bisa membantu kamu untuk mengatasi mood yang jelek, serta mengurangi penumpukan air di dalam tubuh.

    Belajar Mengalihkan Perhatian dengan Self Hipnoterapi

    Ada satu cara yang bisa kamu manfaatkan, yaitu dengan self hipnoterapi. Ini bagus untuk membantu mengalihkan rasa sakit dalam pikiranmu. Hipnoterpi sudah sangat terpercaya ampuh untuk menangani masalah rasa sakit dengan mengalihkannya ke hal posistif, misalnya dalam kehamilan dan  kecanduan. Gak ada salahnya kamu coba, dengan mempelajari self hipnoterapi ini dari sekarang, karena bisa berguna juga untuk hal lain nantinya.

    Gak sulit kan cara mengatasi nyeri haid ini. Jadi kamu gak perlu takut lagi dengan kedatangan tamu bulanan yang bisa mengganggumu. []

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here