More

    Sushi Untuk Diet, Kreasi Mahasiswa UB

    Ahmad Fauzan Sazli

    Sushi Tei mahasiswa UB

    Sushi Te kreasi mahasiswa Universitas Brawijaya. FOTO : Humas UB.

    - Advertisement -

    MALANG, KabarKampus – Sushi adalah makanan asal Jepang yang cukup digemari di Indonesia. Pada umunya Sushi terbuat dari bahan beras yang dicampur ketan. Namun di tangan mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya, bahan baku Sushi tersebut dimodifikasi menggunakan ubi ungu sebagai bahan tambahan.

    Produk ini diberi nama Sushi Te yang adalah kepanjangan dari Sushi Telo. Sushi Te merupakan kreativitas empat orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Kewirausahaan Pangan. Mereka adalah Muhammad Nur Sigit H, Prasetyo Sonny, Nimas Ratu K.D. dan Harni Ayu Sari

    Menurut Muhammad Nur Sigit, ide Sushi-Te ini bermula dari kegemaran  mereka mengkonsumsi sushi. Namun, sushi yang dijual di pasaran memiliki harga yang mahal.

    “Karena itu, ia dan ketiga mahasiswa lainnya mulai mencari cara bagaimana membuat sushi yang disukai masyarakat dengan harga murah,” kata Sigit.

    Menurutnya, mereka sempat terfikir untuk membuat sushi singkong, namun singkong susah didapat dan memiliki tekstur keras ketika dikukus. Akhirnya, mereka pun memilih ubi jalar ungu karena lebih mudah didapat dan memberi kesan berbeda.

    “Dengan warna ungu juga, sushi ubi jalar ini bisa menarik perhatian orang untuk membeli,” jelasnya.

    Selain itu Sigit mengungkapkan bahwa, Ubi ungu  juga merupakan sumber karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi. Kandungan lainnya adalah protein, lemak, pro-vitamin A, vitamin C, vitamin B1, riboflavin, dan mineral (besi, kalsium).

    Menurutnya, ubi ungu juga mengandung serat dan antioksidan berupa antosianin yang baik untuk pencernaan, menangkal radikal bebas dan baik untuk penderita obesitas. Kandungan seratnya juga baik bagi pencernaan dan aman dikonsumsi orang yang sedang diet.

    Untuk sementara, Sushi-Te bisa dinikmati dengan berbagai isian telur, sosis, nugget. Harga yang dibandrol pun sesuai dengan kantong mahasiswa yakni Rp 5 ribu/4 biji.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here