More

    UI Lantik Pejabat Rektor Baru

    Ahmad Fauzan Sazli

    Upacara Serah Terima Jabatan Rektor

    Prof Djoko Santoso (kiri), Ketua MWA UI Prof.KH Said Aqil Siroj (tengah), dan Prof.Muhammad Anis (kanan) dalam acara serah terima Pejabat Rektor UI di Kampus UI, Depok, Jumat, (16/05/2013). FOTO : Humas UI

    - Advertisement -

    DEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) melantik Dr.Ir. Muhammad Anis, M. Met sebagai Pejabat Rektor UI di Balai Kirti –  Gedung Pusat Administrasi UI, Depok, Jumat. (17/05/2013). Anis menggantikan Prof.Dr. Djoko Santoso, Pejabat sementara Rektor UI sebelumnya.

    Masa jabatan Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc sebagai Pjs.Rektor UI telah berjalan lebih dari enam bulan sejak pelantikan yang dilakukan pada 14 Agustus 2012 menggantikan Prof. Gumilar Rusliwa Somantri yang telah berakhir masa jabatannya sebagai Rektor UI.

    Pengangkatan Pj.Rektor UI dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan Rektor UI definitif setelah berakhirnya masa kepimpinan Rektor. Keputusan pengangkatan Pj.Rektor didukung dengan beberapa kondisi diantaranya pengangkatan telah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) UI pasal 40 yang menyebutkan jika Rektor UI berhalangan tetap, maka SAU (Senat Akademik Universitas) dapat mengusulkan kepada MWA untuk mengangkat Wakil Rektor menjadi Pj.Rektor UI.

    Dalam dinamika kepimpinan, UI telah memiliki tiga Pj.Rektor dikarenakan situasi dan kondisi yang terjadi pada saat itu seperti mangkatnya Rektor yang sedang menjabat serta peralihan PTN menjadi BHMN. Para Pj. Rektor UI tersebut adalah (alm) Prof.dr.R.Slamet Iman Santoso (1973-1974), (alm) Prof.dr.W.A.F.J.Tumbelaka (1985-1986) dan Prof.dr.Usman Chatib Warsa (2001-2002).[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here