More

    Unila Juara Rancang Kuda-kuda di UGM

    Ahmad Fauzan Sazli

    rancang kuda-kuda

    LAMPUNG, KabarKampus – Tim Rock Universitas Lampung (Unila) meraih juara pertama dalam lomba rancang kuda-kuda tingkat nasional V di  Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Tim Unila menyingkirkan tim Timberwork UGM, dan tim Fortius Phartenon dari Universitas Indonesia yang berada diurutan ketiga.

    - Advertisement -

    Ajang yang digelar oleh Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil UGM ini diikuti oleh 42 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Adapun tim-tim tersebut berasal dari kampus antara lain ITS, Universitas Negeri Mataram, Universitas Negeri Gorontalo, Politekik Negeri Bandung, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

    Lomba rancang kuda-kuda merupakan lomba membuat desain rangka atap dengan menggunakan bahan dasar kayu. Peserta merancang rangka atap dan menilai kemampuan dalamm menahan beban maksimal. Sementara nilai yang diuji dalam perlombaan ini adalah tingkat efisiensi dan ketepatan terhadap estimasi ketahanan beban saat diuji.

    Dengan mengusung tema “Inovasi dan Efisiensi,” perlombaan ini menuntut peserta menggunakan kayu dengan jenis mutu rendah yang ada di pasaran seperti sengon, akasia, glugu, dengan memiliki berat jenis 0,6.

    Selain juara satu, dua dan tiga, ajang ini juga menempatkan tim Jabon dari Universitas Sriwijaya sebagai Juara Terinovatif. Adapun lomba rancang bangun ini telah digelar pada 19 -21 Mei 2013 lalu di Universitas Gadjah Mada.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here