More

    Fasilkom UI Gelar CompFest 2013: Membangun Bangsa Lewat IT

    25 06 2013 compfest 2013_pro

    Ika Apriyanti Muiz

    Sebagai acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fasilkom UI, CompFest hadir untuk membangun bangsa Indonesia lewat IT. Tujuan yang diharapkan dengan adanya CompFest ini yaitu kemajuan dan pemerataan IT di Indonesia. Bangsa Indonesia harus menyadari bahwa IT ini dapat menjadi sektor yang menguntungkan di masa yang akan datang. Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk membuktikan bahwa kreativitas dalam memajukan IT di Indonesia penting mengingat perkembangan teknologi yang pesat saat ini. Bangsa ini harus optimis dalam membuat IT Indonesia yang bisa dibanggakan.

    - Advertisement -

    CompFest merupakan salah satu jembatan dalam mewujudkan bangsa yang lebih maju dengan dukungan IT. Kita mempunyai banyak sumber daya manusia yang dapat dikembangkan kemampuannya. Dan diharapkan sumber daya tersebut dapat dieksplorasi sehingga mempunyaiskill yang lebih baik dan berkualitas. Dengan mengusung tema Facing National Development Towards Innovation and Collaboration (FANTASTIC), CompFest mempunyai cara yang unik dalam memfasilitasi bakat-bakat tersebut. Setiap bagian di CompFest mempunyai peranannya masing-masing sebagai berikut.

    Kompetisi

    Kompetisi di CompFest bukan sekedar mencari pemenang, namun juga menjadi ajang uji coba skilldan apresiasi anak bangsa yang berkecimpung di dunia IT. Setelah memenangkan kompetisi di CompFest, peserta diharapkan dapat melanjutkan perjuangannya untuk menjadi juara sebenarnya dan mengharumkan nama Indonesia di masa depan kelak. Partner CompFest pun diharapkan dapat memberikan funding dan mentoring untuk memfasilitasi peserta dalam mewujudkan mimpinya demi bangsa yang lebih baik.

    Seminar

    Dengan mengangkat tema Creative Technopreneurship Towards Globalization, seminar yang diselenggarakan CompFest kali ini akan menjadi trigger  bagi kaum muda Indonesia untuk menjadi seorang technopreneur. Mereka diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pergerakan roda ekonomi dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan berkontribusi untuk menaikkan pendapatan masyarakat Indonesia nantinya.

    Roadshow

    CompFest akan melakukan roadshow  di berbagai kota dengan sasaran universitas-universitas dan SMA/SMK. Tujuannya adalah untuk pemerataan dan pendidikan tentang perkembangan IT melalui ilmu yang diberikan sehingga membuka mata para kaum muda agar tertarik dan berkecimpung di dunia IT.

    Playground

    Playground akan memperkenalkan IT kepada peserta dan pengunjung dengan cara yang menyenangkan.  Selain itu, melalui kolaborasi dari berbagai macam stakeholder IT di Indonesia, seperti start-up, komunitas, developer, akademisi, perusahaan IT dan pemerintahaan, kami ingin menumbuhkan optimisme bahwa produk karya anak bangsa mempunyai potensi yang tinggi dan sudah semestinya diapresiasi.

    Bangsa Indonesia memiliki banyak anak bangsa yang bertalenta. Mereka harus dikembangkan untuk menjadikan bangsa ini maju di dunia IT sehingga dapat berkompetisi secara global. CompFest adalah salah satu cara untuk mewujudkannya! CompFest mengantarkan para peserta untuk memulai kompetisi yang sebanarnya dan juga membuka mata masyarakat bahwa IT adalah hal yang penting terutama dalam membangun bangsa yang lebih baik.

    Acara puncak dari rangkaian CompFest 2013 akan digelar pada 21-22 September 2013 di Balairung, Universitas Indonesia, Depok.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here