More

    Keren! Siswi SMA Ciptakan Bra Penampung ASI Untuk Wanita Karir

    Endah Kemala

    08 06 2013 ilustrasi bra penampung asiIni dia salah satu siswi SMA Negeri 6 Yogyakarta yang berhasil meraih medali perak dalam “International Exhibition of Young Inventors” (IEYI) di Kuala Lumpur, Malaysia pada awal Mei 2013 lalu. Siswi membanggakan ini bernama Devika Asmi Pandanwangi.

    Bayangkan bagaimana jadinya jika seorang wanita karir tetap bisa beriringan menunaikan kewajibannya sebagai ibu dan pekerjaannya di kantor. Dan saat ini, Devika telah mengenalkan inovasi terbaru yang dapat menjadi alternatif bagi wanita karir ketika dalam masa menyusui. Dengan bra ini, ASI mereka gak akan terbuang dengan percuma.

    - Advertisement -

    Keistimewaan dari penampung ASI sederhana yang multiguna ini, terletak pada bagian tengahnya yang bisa dibuka dan ditutup sesuai dengan kebutuhan. Di bagian inilah terpasang cup yang terbuat dari silikon yang dicampur dengan plastis, sehingga pemakainya menjadi nyaman. Jadi pada saat mereka beraktivitas dan ASI menetes, maka akan ada sebuah slang yang tersambung ke sebuah kantong aluminium foil, untuk mengalirkan ASI agar tertampung di kantung. Kantung ASI ini dapat menampung sekitar 300 ml ASI 4 jam. Jangan khawatir, karena alumunium foil yang digunakan aman dan sifatnya yang mampu menyimpan panas tubuh, sehingga ASI aman untuk dikonsumsi bayi.

    Kantong alumunim foil ini akan tertempel pada perut ketika digunakan, sehingga tetap bisa menyerap panas tubuh. Menurut Devika seperti dilansir m.jnn.com, ASI yang tersimpan di dalam kantong pun dijamin tetap steril.

    Proyek ini sendiri tidak memakan biaya yang cukup mahal, hanya sekitar Rp200 ribu untuk membeli cup yang terbuat dari plastik dan silikon. Sebelumnya, dengan karya ini Devika mendapat medali emas di tahun 2012 dalam kontes National Young Inventor Award (NYIA) oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Di tahun 2013 ia meraih penghargaan untuk kategori Technology for Special Needs International Exhibition of Young Inventors (IEYI) di Kuala Lumpur, Malaysia.

    Kreatif dan inovatif kan? Jadi kamu jangan mau kalah untuk terus berkreativitas dan menciptakan inovasi terbaru dalam bidang apapun! []

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here